Analisis Kemampuan Literasi Numerasi untuk Siswa Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik

Inggit Rochmatun Muslimah(1*), Erlin Ladyawati(2)

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa SMA berdasarkan kecerdasan logis matematis dan berdasarkan kecerdasan linguistik. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Terdapat 4 subjek untuk penelitian yaitu 2 subjek kecerdasan logis matematis tinggi dan 2 subjek kecerdasan linguistik tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Angket berisi angket kecerdasan logis matematis dan angket kecerdasan linguistik untuk menentukan subjek. Tes literasi numerasi sebanyak 2 nomor berbentuk uraian.  Dari hasil penelitian didapatkan semua subjek kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik memenuhi indikator kemampuan matematis,  indikator kemampuan representasi, indikator kemampuan penalaran dan argumentasi, dan indikator kemampuan dalam menggunakan bahasa dan simbol namun hanya memenuhi salah satu indikator kemampuan komunikasi untuk subjek kecerdasan logis matematis dan memenuhi salah satu indikator kemampuan memilih strategi untuk memecahkan masalah untuk subjek kecerdasan linguistik.

Keywords


Numeracy Literacy; Logical Mathematical Intelligence; Linguistic Intelligence;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andrianti, D. S., & Rahayu, P. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Soal AKM Pada Siswa SMP. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 55–63.

Anggrieni, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA 2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 472–481.

Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi orang tua terhadap kecerdasan majemuk anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1-16

Fauzi, F. G., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Original Research, 1(2), 83–91.

Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistikal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(7), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119

Hasnawati. (2016). Description of Mathematics Literacy Ability of Students First Secondary School State 15 Kendari Based on Content, Context, Materials, and Process. International Journal of Education and Research, 4(11), 2016.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Patta, R., & Muin, A. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 212–217.

Purwanti, A. F., Mutrofin, & Alfarisi, R. (2012). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 131–142.

Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981

Rianasari, V. F., & Sulistyani, N. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17408

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter