E-Book Matematika: Media Pembelajaran Menggunakan Book Creator
(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Media pembelajaran adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam membuat media pembelajaran yang dapat dikatakan valid perlu memerhatikan model pengembangan agar pembelajaran dapat berjalan lancar. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran digital book menggunakan book creator dengan tujuan mengetahui kelayakan, kemenarikan dan keefektifan terhadap digital book. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development yang memakai model penelitian ADDIE dengan melibatkan tiga validator materi, tiga validator media dan 45 peserta didik yang dibagi ke dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Hasil validator materi secara keseluruhan mendapatkan hasil rata-rata 3,5 dan validator media 3,6. Sementara uji coba kelompok kecil diperoleh hasil kemenarikan 3,7 dan uji coba kelompok besar 3,6. Untuk uji keefektifan menggunakan uji N-gain mendapatkan nilai 56,94 dengan kriteria “Cukup Efektif”.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Al Ikhsan, I., Supriadi, N., & Gunawan, W. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality: Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 289. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12839
Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Hawani. (2019). Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Al-Qur ’ an Hadist Pada Mata Pelajaran Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X Di Tingkat SMA/MA. 5(2), 164–172.
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244
Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review, 3(1), 47–56.
Branch, R. M. (2021). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17
Hilir, A. (2021). Teknologi Pendidikan di Abad Digital (S. Subiyantoro (ed.); 1st ed.). Lakeisha.
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134
Mulyaningsih, & Dandan. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Guruan Fisika (JPF), 1, 25–32.
Nurhanisah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMK Kelas X Universitas Negeri Yogyakarta.
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Development of Learning Tools with a Differentiation Model Using Book Creator for BIPA Learning in Classes with Diverse Abilities. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Rahayu, S. S., Rinaldi, A., & Gunawan, W. (2021). Aplikasi Program Linear: Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 107. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11442
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Saifudin, A. (2021). Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 86–101.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supardi, N., Rinaldi, A., & Rakhmawati M, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kegiatan Transaksi Kewirausahaan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 49. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2012
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17330
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alina Destiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530