Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
(1) Universitas Bina Bangsa
(2) Universitas Bina Bangsa
(3) Universitas Bina Bangsa
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group yang dilakukan di SMP Negeri 6 Cilegon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII terdisi dari 8 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji t untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai siginifikansi sebesar 0.001 di mana lebih kecil dari 0.05 artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan PMRI dan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059
Amalia, L., & Sulistyorini, Y. (2022). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(1), 109–116. https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i1.2195
Anggraini, R. S., & Fauzan, A. (2020). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Mathematical Problem Solving Ability. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 94. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.595
Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMK Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 236–246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973
Arrafi, A., & Masniladevi. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 750–774. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2912
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Efrida, E. (2012). PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS II SD KARTIKA 1.10 PADANG. Jurnal Exacta, X(2), 136–139. https://repository.unib.ac.id/519/
Hutapea, N. M. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1391–1399. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4802
Komalig, R. N., Gusmania, Y., & Husna, A. (2019). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMRI) TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 23–31. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1774
Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1915
Melyanti, R., Rohana, R., & Syahbana, A. (2018). PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 8(1), 23–34. https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11117
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Nopriyanti, T. D., Erlina, M., & Andinasari. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTICMATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK PGRI 2 PALEMBANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 687–695. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3119
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Safaria, S. A., Reski, A., & Patih, T. (2021). Studi Meta-Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. KULIDAWA, 2(1), 14–21. https://doi.org/10.31332/kd.v2i1.2519
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813
Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 66–81. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–122. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260
Tantra, S. A. M., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). E-PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA, GEOMETRI, STATISTIKA, DAN KOMPUTASI (SENA-MAGESTIK), 587–600. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/33556
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainuddin. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KAHOOT. Sigma, 4(3), 1–7. https://doi.org/10.36513/sigma.v4i3.640
Yuliati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1159–1168. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.547
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.16448
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mohamad Bayi Tabrani, Vina Devianti, Beni Junedi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530