Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bentuk Aljabar dengan Menggunakan Three Tier Test
(1) SMPN 22 Barru; Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(4) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraini, F. (2019). Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Persamaan Logaritma dengan Menggunakan Tes Diagnostik. Skripsi: Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Arslan, H., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education - INT J SCI EDUC, 34, 1–20. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.680618
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Herutomo, R. A. (2017). Miskonsepsi aljabar: konteks pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–8. https://www.researchgate.net/profile/Rezky-Herutomo/publication/337858391_MISKONSEPSI_ALJABAR_KONTEKS_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_PADA_SISWA_KELAS_VIII_SMP/links/5def75fb299bf10bc34ed240/MISKONSEPSI-ALJABAR-KONTEKS-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-PADA-SISWA-KELAS-VII
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://www.researchgate.net/profile/Rully-Prahmana/publication/333846760_ANALISIS_KESALAHAN_SISWA_DALAM_MENYELESAIKAN_PERMASALAHAN_OPERASI_BENTUK_ALJABAR/links/5d1288fa299bf1547c7f35e5/ANALISIS-KESALAHAN-SISWA-DALAM-MENYELESAIKAN-PERMASALAHAN-OPERASI-BEN
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Mulyatna, F., & Kurniawan, I. (2019). IDE AWAL PENGEMBANGAN MATERI AJAR: MISKONSEPSI DALAM KOMBINASI LINEAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.129
Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). Look Same but Different: Misconceptions in Linear Combinations BT - Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019). 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.107
Nabilah, L. Y., Ruslan, R., & Rusli, R. (2019). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test Pada Materi Pecahan Kelas VII. IMED, 3(2), 184–193. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/imed12421
Natalia T., K., Subanji, S., & Sulandra, I. M. (2016). Miskonsepsi pada penyelesaian soal aljabar siswa kelas VIII berdasarkan proses berpikir mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1917–1925. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6942
Pe?man, H., & Ery?lmaz, A. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research, 103(3), 208–222. https://doi.org/10.1080/00220670903383002
Purba, F. J., Subakti, H., Muntu, D. L., Simarmata, J., Avicenna, A., Harianja, J. K., Sitompul, L. R., Chamidah, D., Hasan, M., & Arhesa, S. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801/685
Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.511
Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3889
Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
Tarigan, M., Khofifah, W., Yanti, N., Kamalia, S., & Azura, A. (2022). Perkembangan Ilmu Filsafat di Dunia Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 327–330. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2596
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
Wulansari, D., Syamsuri, S., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Berkemampuan Awal Rendah pada Materi Himpunan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 71–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11328
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.15401
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ernawati Sukardi, Abdul Gaffar, Randy Saputra Mahmud, Andi Vitrah Ramadanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530