Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bentuk Aljabar dengan Menggunakan Three Tier Test

Ernawati Sukardi(1), Abdul Gaffar(2*), Randy Saputra Mahmud(3), Andi Vitrah Ramadanti(4)

(1) SMPN 22 Barru; Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(4) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan maksud untuk menganalisis miskonsepsi yang dialami siswa pada materi bentuk aljabar serta penyebab miskonsepsi siswa.  Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Barru. Subjek penelitian ini ada 6 siswa yaitu 2 siswa false positive, 2 siswa false negative dan 2 siswa Miskonsepsi. Instrumen penelitian ini yaitu soal tes pilihan ganda dalam bentuk three tier test dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.  Dari hasil penelitian miskonsepsi yang terjadi ialah miskonsepsi false negative dan miskonsepsi false positive tidak bisa memahami konsep dasar operasi penjumlahan dan pengurangan aljabar. Miskonsepsi dalam melakukan operasi perkalian dan pembagian aljabar salah satu siswa yang mengalami miskonsepsi false positive. Miskonsepsi dalam menyelesaikan pemfaktoran bilangan dan subtitusi bilangan aljabar satu siswa yang mengalami miskonsepsi false positive dan salah satunya mengalami miskonsepsi false negative.

Keywords


Misconceptions, Algebra, Three Tier Test

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, F. (2019). Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Persamaan Logaritma dengan Menggunakan Tes Diagnostik. Skripsi: Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

Arslan, H., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education - INT J SCI EDUC, 34, 1–20. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.680618

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Herutomo, R. A. (2017). Miskonsepsi aljabar: konteks pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–8. https://www.researchgate.net/profile/Rezky-Herutomo/publication/337858391_MISKONSEPSI_ALJABAR_KONTEKS_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_PADA_SISWA_KELAS_VIII_SMP/links/5def75fb299bf10bc34ed240/MISKONSEPSI-ALJABAR-KONTEKS-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-PADA-SISWA-KELAS-VII

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://www.researchgate.net/profile/Rully-Prahmana/publication/333846760_ANALISIS_KESALAHAN_SISWA_DALAM_MENYELESAIKAN_PERMASALAHAN_OPERASI_BENTUK_ALJABAR/links/5d1288fa299bf1547c7f35e5/ANALISIS-KESALAHAN-SISWA-DALAM-MENYELESAIKAN-PERMASALAHAN-OPERASI-BEN

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., & Kurniawan, I. (2019). IDE AWAL PENGEMBANGAN MATERI AJAR: MISKONSEPSI DALAM KOMBINASI LINEAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.129

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). Look Same but Different: Misconceptions in Linear Combinations BT - Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019). 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.107

Nabilah, L. Y., Ruslan, R., & Rusli, R. (2019). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test Pada Materi Pecahan Kelas VII. IMED, 3(2), 184–193. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/imed12421

Natalia T., K., Subanji, S., & Sulandra, I. M. (2016). Miskonsepsi pada penyelesaian soal aljabar siswa kelas VIII berdasarkan proses berpikir mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1917–1925. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6942

Pe?man, H., & Ery?lmaz, A. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research, 103(3), 208–222. https://doi.org/10.1080/00220670903383002

Purba, F. J., Subakti, H., Muntu, D. L., Simarmata, J., Avicenna, A., Harianja, J. K., Sitompul, L. R., Chamidah, D., Hasan, M., & Arhesa, S. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801/685

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.511

Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3889

Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.

Tarigan, M., Khofifah, W., Yanti, N., Kamalia, S., & Azura, A. (2022). Perkembangan Ilmu Filsafat di Dunia Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 327–330. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2596

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Wulansari, D., Syamsuri, S., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Berkemampuan Awal Rendah pada Materi Himpunan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 71–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11328




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.15401

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ernawati Sukardi, Abdul Gaffar, Randy Saputra Mahmud, Andi Vitrah Ramadanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter