Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Fitria Mutiasari(1*), Ringki Agustinsa(2), Nurul Astuty Yensy(3)

(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dan sampel satu kelas eksperimen yang dipilih secara nonprobability sampling yaitu kelas VII D yang terdiri dari 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test siswa sebesar 30,27 dan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 72,04. Kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari hasil pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 0,61 dengan kriteria peningkatan cukup efektif. Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 6 Kota Bengkulu.


Keywords


Problem Solving Skills; Quasi Experiment; Search Solve Create Share;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


’Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh Mathematical Resilience Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 223. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5286

Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., Fitri, I., Sultan Syarif Kasim Riau, U., & Subrantas, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 42–53.

Aini, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Analisis Pemahaman Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Pisa. MATHEdunesa, 3(2), 158–164.

Aras, A. (2020). Model Pembelajaran Means-Ends Analysis dalam Menumbuhkembangkan Kemampuan Problem Solving dan Productive Disposition. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 183–198. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1238

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret geometri. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(3), 469–478.

Handholiza, H. F., Agustinsa, R., Maizora, S., & Susanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Peserta Didik Kelas VIII 2 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 337–346. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.337-346

Hermawati, Jumroh, & Puspa, E. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.874

In’am, A. (2015). Menguak Penyelesaian Masalah Matematika. Aditya Media Publishing.

Karima, R., Aniswita, A., & Firmanti, P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share Di Kelas VIII Putri Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 265. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7746

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.

Lunetta, V., Hofstein, A., & Clough, M. (2013). Handbook of Research on Science Education. In Handbook of Research on Science Education. Lawrence Erlbaum Associates Publishers. https://doi.org/10.4324/9780203824696

Marta, K., Yensy, N. A., & Agustinsa, R. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Kelas VIII Semester 2 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 296–307. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.166

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January). CV IRDH.

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388

Musser, G. L., Peterson, B. E., & Burger, W. F. (2014). Mathematics For Elementary Teachers. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Issue 10). Brigham Young University.

Mustofa, Z., Parno, & Masjkur, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve Create and Share ) dengan Strategi Mind Mapping terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Siswa. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 9(1), 36–37.

Polya, G. (1973). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time (New Jersey). Princeton University Press.

Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183–190. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345

Sari, M. Y., Rohana, R., & Ningsih, Y. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 28 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.31540/jpp.v13i2.611

Susanta, A., Susanto, E., Maizora, S., & Rusdi. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Smp / Mts Kota Bengkulu Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Timss the Analysis of Ability of Junior High School Students in Bengkulu City in Completing Timss Mathematics Problems. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 131–139.

Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61–68. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. In Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. PPPPTK.

Wijayanti, K., Nikmah, A., & Pujiastuti, E. (2018). Problem solving ability of seventh grade students viewed from geometric thinking levels in search solve create share learning model. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 8–16. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.21251

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74.

Zulkarnain, Zulnaidi, H., Heleni, S., & Syafri, M. (2020). Effects of SSCS Teaching Model on Students’ Mathematical Problemsolving Ability and Self-efficacy. International Journal of Instruction, 14(1), 475–488. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14128A




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.15152

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitria Mutiasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter