Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi SPLDV

Carmel Nathania(1*), Kiki Nia Sania Effendi(2)

(1) 
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi SPLDV. SMP Negeri 1 Majalaya, Karawang menjadi latar penelitian jenis deskriptif kualitatif ini. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Siswa diberikan tiga pertanyaan uraian mengenai materi SPLDV sebagai bagian dari proses pengumpulan data. 34 siswa kelas VIII A berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masuk ke dalam kategori rendah. Hal ini terlihat dari pengumpulan hasil tes siswa yang memperoleh nilai rata-rata 58,67. Hasilnya tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 75. Berdasarkan hasil kategorisasi siswa menurut kemampuan koneksi matematis, ditetapkan bahwa nol persen siswa termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan 73,52% siswa dengan persentase perolehan tertinggi termasuk dalam kategori sedang, dan 26,48% siswa lainnya termasuk dalam kategori rendah

Keywords


Mathematical Connection Skills; Mathematics; SPLDV

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apriliyani, S. W., Hartati, L., & Rahmatulloh, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Statistika Ditinjau dari Self Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 193. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148

Ayunani, D. S., Mardiyana, & Indriati, D. (2020). Analyzing mathematical connection skill in solving a contextual problem. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012095

Bernard, M., Mariam, S., Nurcholis, R., Azhar, E., Miatun, A., Suryani, M., Heriyanti, L., & Artia, T. (2018). Matematis Siswa Ditinjau Dari. 8(1), 77–83.

Dwi Putra, S., & Yasin, V. (2021). MDA Framework Approach for Gamification-Based Elementary Mathematics Learning Design. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 1(3), 35–39. https://doi.org/10.52088/ijesty.v1i3.83

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar pada siswa smp pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 137–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.137-148

Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. 01(01), 69–82.

Febriyanti, F., Bagaskorowati, R., & Makmuri, M. (2019). The Effect of The Realistic Mathematics Education (RME) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 153–156. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.2117

Kenedi, A. K., Sari, I. K., Ahmad, S., Ningsih, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical connection ability of elementary school student in number materials. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022130

Kenedi, Ary Kiswanto, Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80

Kurniawati, E., & Suparni. (2019). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) / Vol I No 2 Agustus 2019. I(2), 1–10.

Larasati, I., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segitiga dan Segiempat. RARADIAN Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.35706/radian.v1i1.6529

Leton, S. I., Wahyudin, & Darhim. (2019). Mathematical connection ability of deaf student in completing social arithmetic tests. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042012

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143.

Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Maulyda, M. A., Nurmawanti, I., & Khair, M. S. (2020). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 1. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2026

Mi, S. D. (2021). Pembelajaran Digital Model Instructional Games Untuk. 6.

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118.

Nihayah, E. F. K. (2021). the Management Analysis of Pre-Requirements of Algebra in. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26–39.

Rosdiana. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi SPLDV SMP Negeri 2 ALL. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tiga aspek. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Sa’adah, N. R., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 505–518. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1446

Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 286–293.

Siregar, R., & Siagian, M. D. (2019). Mathematical connection ability: Teacher’s perception and experience in learning. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012041

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoyibah, F., Rasidi, Winata, H. A., Wijayanto, T., Bahri, S., & Kurniati, D. (2022). Students’ critical thinking ability during learning of square equations based on lesson study. Mathematics Education and Learning, 2633(September), 030016. https://doi.org/10.1063/5.0102938

Zulkarnaen, R. (2020). Konsepsi Siswa dalam Proses Pemodelan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 178–187. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3638




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.14960

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Carmel Nathania, Kiki Nia Sania Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter