Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika

Diah Oktavianti(1*), Arif Rahman Hakim(2), Abdul Hamid(3), Nurhayati Nurhayati(4), Fauzi Mulyatna(5)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejalan dengan pembelajaran matematika berbasis budaya sebagai alternatif cara dari kurang optimal dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksplorasi etnomatematika pada batik Jakarta yang dikaitkan dengan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di Perkampungan Budaya Betawi dan di Workshop Galeri Gandaria. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk kualitatif untuk mendeskripsikan kontribusi aspek matematika, sejarah, dan filosofi dalam pembuatan Batik Jakarta. Gambar motif batik menggambarkan sebuah bangun datar seperti persegi, lingkaran, segitiga, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, setengah lingkaran, elips, segi lima beraturan, balok, dan tabung yang merupakan aspek-aspek matematika pada materi geometri. Proses pembuatan Batik Jakarta juga terdapat geometri transformasi seperti simetri, refleksi, dilatasi, dan rotasi. Hasil penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran matematika di sekolah dan diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah.

Keywords


Exploration, Ethnomathematics; Batik Jakarta; Math Learning.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perspective of sundanese culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/3877

Achmad, F. S., & Mulyatna, F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Fisabilillah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/2091

Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada batik gajah mada motif sekar jagad tulungagung. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Araiku, J., Somakim, S., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2021). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk guru matematika di Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2838

Ardiansyah, L. (2021). Persepsi abang none Jakarta terhadap fenomena ondel-ondel ngamen di Jakarta. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3273

Casande, S. (2010). Kajian Ikonografi Ragam Hias Parang Gerigi pada Batik Betawi. Deiksis, 2(02), 112–133. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/398

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI KABUPATEN ENDE. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698–2709.

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91

Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Uma Lengge Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1965

Fauzie, M., Kholisya, U., & Wijayanto, C. S. (2018). Pelatihan Membatik untuk Anggota Majelis Taklim Salsabila Al Barokah di Lebak Jakarta Selatan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 143–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2545

Ferryansyah, F., Hermansyah, H., Widyawati, E., & Rahayu, S. W. (2020). Klinik matematika sebagai upaya meningkatkan minat, motivasi, dan kemampuan matematika siswa SMP di wilayah perbatasan Kalimantan Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 4(1), 29–33. http://180.250.193.171/index.php/jpmb/article/view/1487

Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402

Kusumowardhani, P. (2017). Identifikasi Unsur Visual Bentuk Dan Warna Yang Menjadi Ciri Khas Motif Ragam Hias Batik Betawi Tarogong Jakarta. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2017, 97–105. https://media.neliti.com/media/publications/196065-identifikasi-unsur-visual-bentuk-dan-war-ecc21e5d.pdf

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Marcelino, R., & Bawono, S. A. T. (2019). Application for Identifying Classical Surakarta Batik Patterns (APECOBA) Based on Android with the LBP Method. ITSMART: Jurnal Teknologi Dan Informasi, 8(1), 34–41. https://jurnal.uns.ac.id/itsmart/article/view/27722

Minah, M. S. A. M., & Izzati, N. (2021). Etnomatematika pada Makanan Tradisional Melayu Daik Lingga Sebagai Sumber Belajar. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 5(1), 1–7. https://doi.org/: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/552

Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/2477

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Nawingkapti, K. A., Purwanto, P., & Gunadi, G. (2019). SENI BATIK BETAWI TEROGONG: KAJIAN MOTIF DAN PROSES PEMBUATANNYA. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 8(2), 70–75. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart/article/view/35128

Nofi, N., & Setyawan, S. (2021). PENGEMBANGAN DESAIN BATIK BETAWI DENGAN SUMBER IDE KESENIAN BETAWI MENGGUNAKAN VISUAL JELUJUR. Dimensi: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Seni Desain Grafis, 2(02), 33–47. http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/dimensi/article/view/37

Nurhayati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2018). Perencanaan Media Ular Tangga Berbasis Permainan Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar di Kelas II Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 61–66. https://www.researchgate.net/profile/Karlimah-Karlimah/publication/341643580_Media_Pop-Up_Book_Simetri_Lipat_dan_Simetri_Putar_untuk_Siswa_Sekolah_Dasar/links/5ecd042892851c313aea939c/Media-Pop-Up-Book-Simetri-Lipat-dan-Simetri-Putar-untuk-Siswa-Sekolah-D

Nurjamila, D., & Nurhayati, E. (2019). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Pembuatan Batik Khas Tasikmalaya. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.763

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801/685

Rahmadi, M. F., & Sakre, T. (2020). ANALISIS BENTUK MOTIF MERAK PADA BATIK JETIS KABUPATEN SIDOARJO MELALUI PENDEKATAN ESTETIKA. Racana: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 1–8. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/3748

Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8, 333–340. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–155. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/3456

Regina, B. D. (2019). Pendampingan Membatik Shibori pada Anak Kelas 5 di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(2), 43–53. https://eprints.umm.ac.id/74350/

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga" BACALA"(Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk pembelajaran Matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116

Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128

Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryana, A., Anggraeni, W., & Suyahya, I. (2022). Studi Eksplorasi pada Nada Bahasa Thailand dalam Perspektif Etnomatematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 181–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12101

Tjandra, M., & Santoni, S. (2019). PERANCANGAN GEDUNG PERTUNJUKAN KESENIAN DENGAN TIPOLOGI ARSITEKTUR BETAWI DI SETU BABAKAN. Architecture Innovation, 3(2), 1–25. http://202.158.17.148/index.php/JAI/article/view/91

Ulum, B. (2018). Etnomatematika pasuruan: Eksplorasi geometri untuk sekolah dasar pada motif batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686–696. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. https://doi.org/.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi). In Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36–40. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/124

Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diah Oktavianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter