Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perspective of sundanese culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/3877
Achmad, F. S., & Mulyatna, F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Fisabilillah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/2091
Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada batik gajah mada motif sekar jagad tulungagung. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Araiku, J., Somakim, S., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2021). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk guru matematika di Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2838
Ardiansyah, L. (2021). Persepsi abang none Jakarta terhadap fenomena ondel-ondel ngamen di Jakarta. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3273
Casande, S. (2010). Kajian Ikonografi Ragam Hias Parang Gerigi pada Batik Betawi. Deiksis, 2(02), 112–133. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/398
Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI KABUPATEN ENDE. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698–2709.
Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91
Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Uma Lengge Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1965
Fauzie, M., Kholisya, U., & Wijayanto, C. S. (2018). Pelatihan Membatik untuk Anggota Majelis Taklim Salsabila Al Barokah di Lebak Jakarta Selatan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 143–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2545
Ferryansyah, F., Hermansyah, H., Widyawati, E., & Rahayu, S. W. (2020). Klinik matematika sebagai upaya meningkatkan minat, motivasi, dan kemampuan matematika siswa SMP di wilayah perbatasan Kalimantan Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 4(1), 29–33. http://180.250.193.171/index.php/jpmb/article/view/1487
Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402
Kusumowardhani, P. (2017). Identifikasi Unsur Visual Bentuk Dan Warna Yang Menjadi Ciri Khas Motif Ragam Hias Batik Betawi Tarogong Jakarta. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2017, 97–105. https://media.neliti.com/media/publications/196065-identifikasi-unsur-visual-bentuk-dan-war-ecc21e5d.pdf
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Marcelino, R., & Bawono, S. A. T. (2019). Application for Identifying Classical Surakarta Batik Patterns (APECOBA) Based on Android with the LBP Method. ITSMART: Jurnal Teknologi Dan Informasi, 8(1), 34–41. https://jurnal.uns.ac.id/itsmart/article/view/27722
Minah, M. S. A. M., & Izzati, N. (2021). Etnomatematika pada Makanan Tradisional Melayu Daik Lingga Sebagai Sumber Belajar. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 5(1), 1–7. https://doi.org/: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/552
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/2477
Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
Nawingkapti, K. A., Purwanto, P., & Gunadi, G. (2019). SENI BATIK BETAWI TEROGONG: KAJIAN MOTIF DAN PROSES PEMBUATANNYA. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 8(2), 70–75. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart/article/view/35128
Nofi, N., & Setyawan, S. (2021). PENGEMBANGAN DESAIN BATIK BETAWI DENGAN SUMBER IDE KESENIAN BETAWI MENGGUNAKAN VISUAL JELUJUR. Dimensi: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Seni Desain Grafis, 2(02), 33–47. http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/dimensi/article/view/37
Nurhayati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2018). Perencanaan Media Ular Tangga Berbasis Permainan Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar di Kelas II Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 61–66. https://www.researchgate.net/profile/Karlimah-Karlimah/publication/341643580_Media_Pop-Up_Book_Simetri_Lipat_dan_Simetri_Putar_untuk_Siswa_Sekolah_Dasar/links/5ecd042892851c313aea939c/Media-Pop-Up-Book-Simetri-Lipat-dan-Simetri-Putar-untuk-Siswa-Sekolah-D
Nurjamila, D., & Nurhayati, E. (2019). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Pembuatan Batik Khas Tasikmalaya. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.763
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801/685
Rahmadi, M. F., & Sakre, T. (2020). ANALISIS BENTUK MOTIF MERAK PADA BATIK JETIS KABUPATEN SIDOARJO MELALUI PENDEKATAN ESTETIKA. Racana: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 1–8. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/3748
Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8, 333–340. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055
Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–155. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/3456
Regina, B. D. (2019). Pendampingan Membatik Shibori pada Anak Kelas 5 di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(2), 43–53. https://eprints.umm.ac.id/74350/
Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga" BACALA"(Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk pembelajaran Matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116
Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128
Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suryana, A., Anggraeni, W., & Suyahya, I. (2022). Studi Eksplorasi pada Nada Bahasa Thailand dalam Perspektif Etnomatematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 181–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12101
Tjandra, M., & Santoni, S. (2019). PERANCANGAN GEDUNG PERTUNJUKAN KESENIAN DENGAN TIPOLOGI ARSITEKTUR BETAWI DI SETU BABAKAN. Architecture Innovation, 3(2), 1–25. http://202.158.17.148/index.php/JAI/article/view/91
Ulum, B. (2018). Etnomatematika pasuruan: Eksplorasi geometri untuk sekolah dasar pada motif batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686–696. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. https://doi.org/.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi). In Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36–40. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/124
Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Diah Oktavianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530