Pembelajaran Matematika Realistik dengan Media Ukiran Toraja Menggunakan Teknik Storytelling

Beatric Videlia Remme'(1*), Trivena Trivena(2)

(1) Universitas Kristen Indonesia Toraja
(2) Universitas Kristen Indonesia Toraja
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran matematika realistik dengan media Ukiran Toraja menggunakan teknik storytelling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitinnya adalah kelas VIII SMP Kristen Sa’dan yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes yang terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Tes digunakan untuk mengetahui gambaran hasil belajar serta ketuntasan belajar siswa. Secara deskriptif hasil belajar siswa tergolong tinggi terlihat dari rata-rata hasil belajar sebesar 88,4. Ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100% itu berarti semua siswa mencapai ketuntasan belajar melalui pembelajaran ini. Dari hasil belajar yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dengan media Ukiran Toraja menggunakan teknik storytelling dapat membantu siswa dalam memahami materi tentang luas dan keliling bangun segitiga, segiempat, dan lingkaran.


Keywords


Toraja Carving; Storytelling; Realistic mathematics;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416–428. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=s4ViswEACAAJ

Ekiningsih, E., Buchori, A., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Fungsi Komposisi di SMK. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 246–255. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/64

Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Halim, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 106–114. http://digilib.unimed.ac.id/41466/

Jainuddin, J., Silalong, E. S., & Syamsuddin, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Ukiran Toraja. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2273

Jannah, U. R., & Towafi, T. (2020). Realistic Mathematic Education pada Barisan dan Deret Aritmetika Berbasis Kehidupan Islami Pondok Pesantren. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 165. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5163

Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar [Realistic Mathematics Education Approach to Mathematics Learning Outcomes for Elementary School Students]. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28568

Lembang, S. T., La’biran, R., & Kristanto, K. (2019). Ukiran Toraja Sebagai Alat Peraga Untuk Memperkenalkan Bangun Datar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 33–37. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/858

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Matang, R. (2002). The role of ethnomathematics in mathematics education in Papua New Guinea: Implications for mathematics curriculum. Journal of Educational Studies, 24(1), 27–37. http://directions.usp.ac.fj/collect/direct/index/assoc/D1070625.dir/doc.pdf

Mumu, J., & Aninam, P. A. (2018). Analisis Konteks Asal Budaya Papua Dalam Pendidikan Matematika Realistik. Journal of Honai Math, 1(1), 24. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.768

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Rande, I., Makkawaru, Z., & Kamsilaniah, K. (2022). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SENI UKIR KHAS TORAJA DALAM PERSPEKTIF INDIKASI ASAL. Clavia, 20(2), 185–194. https://doi.org/https://doi.org/10.56326/clavia.v20i2.1582

Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika yang Mengeksplorasi Nilai dan Budaya Islam untuk Siswa SMP. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8498

Remme, B. V., & Delastri, L. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Ukiran Toraja pada Siswa Field Independent. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 159–168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11296

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191–204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184

Situru, R. S., Sumule, P. G., & Ake, S. R. (2021). UPAYA MENCEGAH TINDAKAN KORUPSI PADA MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI BERDASARKAN FILOSOFI UKIRAN TORAJA. PROSIDING SEMNAS PGSD:TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BERBASIS TEKNOLOGI, 1(1), 227–235. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/1567

Soedjadi, R. (2001). Pemanfaatan Realitas Dan Lingkungan Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education Di FMIPA UNESA Tanggal 24 Februari 2001.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Tandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometris Budaya Toraja). Jurnal Imiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 47–57. http://journal.smantibatam.sch.id/index.php/JIMP/article/download/172/172-322-1-SM.pdf

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume, 3(1), 78–82. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2541

Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The Effect of SSCS Learning Model on Reflective Thinking Skills and Problems Solving Ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743

Yulia, P., Riskayani, M., & Erita, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 257–266. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.700




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14752

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Beatric Videlia Remme'

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter