Game Edukasi Petualangan Matematika: Media Pembelajaran Digital Matematika pada Materi SD Kelas V
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa game edukasi “Petualangan Matematika” berbasis komputer pada materi operasi hitung pecahan kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengunakan model pengembangan berupa ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu development, dikarenakan pada penelitian ini belum terdapat RPP dan silabus untuk tahap selanjutnya. Pada penelitian ini dilakukan uji formatif untuk produk yaitu uji validasi dan uji kelas kecil. Uji validasi ahli dilakukan oleh 3 dosen ahli yaitu ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Sedangkan uji kelas kecil dilakukan oleh 1 guru dan 25 peserta didik kelas V SD Negeri Cikahuripan 01. Berdasarkan hasil uji formatif dapat disimpulkan aplikasi game edukasi “Petualangan Matematika” berbasis komputer pada materi operasi hitung pecahan merupakan aplikasi yang praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media belajar mandiri.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Ardana, I. M., Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H. (2021). Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game matematika sebagai upaya peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Telematika, 10(2).
Latubessy, A., & Ahsin, M. N. (2016). Hubungan Antara Adiksi Game Terhadap Keaktifan Pembelajaran Anak Usia 9-11 Tahun. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 687–692. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.782
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/2477
Panggabean, S., Nurjehan, R., Siregar, N., Sari, D. P., Umara, Y., Saija, L. M., Pulungan, S. A., Sitanggang, R. P., Huda, N., Prastyo, H., Rahmi, P., Hutasuhut, S. H., Fahmi, A., & Djuanda, G. (2022). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29–37. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_4
Satriana, N., Yusran, Y., & Majid, B. A. (2019). PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SCRATCH DAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 41–49.
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sudaryono. (2018). Metodologi penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syadid, R. A. A. C. I., & Sutiarso, S. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 327–336. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9808
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14320
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Astin Yuliani, Supardi Uki Sajiman, Yogi Wiratomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530