Game Edukasi Petualangan Matematika: Media Pembelajaran Digital Matematika pada Materi SD Kelas V

Astin Yuliani(1), Supardi Uki Sajiman(2), Yogi Wiratomo(3*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa game edukasi “Petualangan Matematika” berbasis komputer pada materi operasi hitung pecahan kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengunakan model pengembangan berupa ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu development, dikarenakan pada penelitian ini belum terdapat RPP dan silabus untuk tahap selanjutnya. Pada penelitian ini dilakukan uji formatif untuk produk yaitu uji validasi dan uji kelas kecil. Uji validasi ahli dilakukan oleh 3 dosen ahli yaitu ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Sedangkan uji kelas kecil dilakukan oleh 1 guru dan 25 peserta didik kelas V SD Negeri Cikahuripan 01. Berdasarkan hasil uji formatif dapat disimpulkan aplikasi game edukasi “Petualangan Matematika” berbasis komputer pada materi operasi hitung pecahan merupakan aplikasi yang praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media belajar mandiri.


Keywords


Educational Game; Mathematics Adventure; Arithmetic Operations;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Ardana, I. M., Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H. (2021). Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game matematika sebagai upaya peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Telematika, 10(2).

Latubessy, A., & Ahsin, M. N. (2016). Hubungan Antara Adiksi Game Terhadap Keaktifan Pembelajaran Anak Usia 9-11 Tahun. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 687–692. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.782

Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/2477

Panggabean, S., Nurjehan, R., Siregar, N., Sari, D. P., Umara, Y., Saija, L. M., Pulungan, S. A., Sitanggang, R. P., Huda, N., Prastyo, H., Rahmi, P., Hutasuhut, S. H., Fahmi, A., & Djuanda, G. (2022). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29–37. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_4

Satriana, N., Yusran, Y., & Majid, B. A. (2019). PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SCRATCH DAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 41–49.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sudaryono. (2018). Metodologi penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syadid, R. A. A. C. I., & Sutiarso, S. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 327–336. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9808

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14320

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Astin Yuliani, Supardi Uki Sajiman, Yogi Wiratomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter