Perancangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di MA

Marlinda Marlinda(1), Edy Yusmin(2), Dona Fitriawan(3*), Yulis Jamiah(4), Hamdani Hamdani(5)

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungpura
(4) Universitas Tanjungpura
(5) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas rencana LKPD berorientasi 4C peserta didik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi operasi matriks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil validasi tiga validator dan hasil angket kepraktisan pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini menggunakan tiga langkah yaitu tahap define, design, dan development. Hasil validitas LKPD berorientasi 4C adalah 4,6 dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan LKPD berorientasi 4C dari pendidik sebesar 4,3 dengan kategori praktis, dan dari peserta didik sebesar 4,5 dengan kategori sangat praktis. Kualitas LKPD berorientasi 4C untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI dapat dilihat dari dua aspek, yaitu hasil angket validasi dan kepraktisan dengan kategori sangat valid dan sangat praktis yang menunjukkan LKS memenuhi syarat yang diminta.

Keywords


Design; Students Worksheet; 4C; Mathematical Concept Understanding Ability;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, F. S., & Mulyatna, F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Fisabilillah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.

Asmidi, A. (2021). Pembelajaran Problem Posing Setting Kooperatif Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 137. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.50148

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446.

Fitriani, Hasan, M., & Musri. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 04(01), 26–42. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/6577/0

Hartoyo, A., Nursangaji, A., & Suratman, D. (2019). Pengembangan Kompetensi Sikap Dalam Pembelajaran Matematika Secara Holistik Bersumber Qur’an. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(1), 149. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.30033

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Matematika. Malang: UMPress.

Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402

Latmawati, S. R., Zubaidah, & Bistari. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(2), 265–280. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25491

Leli, N., & Sipayung, M. (2019). Perancangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Learning) Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/jpp.v7i1.10522

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28.

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1338

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Permendikbud No 58 Tahun 2014.

Rachmawati, Y., Maizora, S., & Maulidiya, D. (2019). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 162–171. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.162-171

Rachmawati Yuanita. (2020). Indonesian Journal of Science & Technology. Indonesian Journal of Science Learning, 2(2), 8–25.

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456

Santi, D., Sugiarti, T., & Arika, I. K. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. Kadikma, 6(1), 85–94. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1831

Setia Wardana, M. Y., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18380

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Thiagarajan, Sivasailam, D. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.14298

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dona Fitriawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter