Analisis Bibliometrik Berbasis VOSviewer: Motivation and Interesting in Learning Mathematics
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran matematika memiliki peran penting terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui trend penelitian motivasi dan minat belajar matematika siswa dan untuk mengetahui peluang topik motivasi dan minat belajar matematika siswa yang dapat diteliti lebih lanjut. Melalui google scholar dengan keywords motivasi dan minat dalam pembelajaran matematika dan pendidikan matematika data penelitian diambil. Peneliti menganalisis 855 dari 980 artikel dari tahun 1975–2022. Penggunaan software Harzing’s Publish or Perish dan VOSviewers untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu analisis data. Hasil penelitian memberikan rekomendasi variable yang memiliki potensi diteliti di masa mendatang terkait Motivation and Interesting in Learning Mathematics yaitu gender dan self-regulation.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778
Ajinegara, M. W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 193. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451
Angraini, C. D., Komarudin, K., & Istihana, I. (2019). Pengaruh model diskursus multy reprecentacy (DMR) dengan pendekatan CBSA terhadap representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 65–75. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/3928
Daher, W. (2021). Middle School Students’ Motivation in Solving Modelling Activities With Technology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(9), 1–13. https://doi.org/10.29333/ejmste/11127
Desiana, & Soebagyo, J. (2022). Bibliometric Analysis of the Spontaneous Group Discussion Method of Learning Mathematics Using Vosviewer Software. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 345–353. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5282
Erwina, W., & Sodikin, Y. (2018). Kajian Sitasi Karya Ilmiah Dosen Fikom Unpad Dalam Skripsi Mahasiswa: Analisis Sitasi Karya Ilmiah Dosen Dalam Skripsi Mahasiswa Pada Database Gdl Di Fikom Library and Knowledge Center (Flkc) Universitas Padjadjaran Pada Semester Genap Tahun 2011. Edulib, 2(2). https://doi.org/10.17509/edulib.v2i2.10041
Eryanti, I., & Soebagyo, J. (2021). Bibliometric Analysis of Blended learning Mathematics in Scientific Publications Indexed by Scopus. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 91–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v5i2.1673
Fiveronica, I., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2022). Pengaruh Self Regulated Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 135–148.
Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307–318. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.973
Haniyah, D., & Soebagyo, J. (2021). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3966
Herawati, P., Utami, S. B., & Karlina, N. (2022). Analisis Bibliometrik: Perkembangan Penelitian Dan Publikasi Mengenai Koordinasi Program Menggunakan Vosviewer. Jurnal Pustaka Budaya, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31849/pb.v9i1.8599
Ioannidis, J. P. A., Baas, J., Klavans, R., & Boyack, K. W. (2019). A standardized citation metrics author database annotated for scientific field. PLoS Biology, 17(8), 1–6. https://doi.org/10.1371/journal.pbio.3000384
Jamaliyah, R., & Wulandari, N. F. (2022). IMPLEMENTASI VIDIO PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN PURWOREJO. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 51. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/5727
Karim, A., & Soebagyo, J. (2021). Pemetaan Bibliometrik terhadap Trend Riset Matematika Terapan di Google Scolar Menggunakan Vosviewer. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 234–241. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5835
Khasanah, U., & Nugraheni, E. A. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181–190. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.813
Kristial, D., Soebagjoyo, J., & Ipaenin, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 178–190. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.62
Kusno, K., & Setyaningsih, E. (2021). Self-Regulated Learning of Mathematics for Teacher Prospectives in the Development of Student E-Worksheets. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 205. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3911
Marwiyah, S., Sari, A., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 043–052. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.8902
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/15067
Oktaviani, R., & Dewi, D. P. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 133–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9433
Otoo, D., Iddrisu, W. A., Kessie, J. A., & Larbi, E. (2018). Structural Model of Students’ Interest and Self-Motivation to Learning Mathematics. Education Research International, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/9417109
Pinayungan, M. S., & Lubis, R. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di Lingkungan I Kelurahan Pasar Batu Gerigis Kecamatan Barus. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 53–60. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2535/2335
Prastitasari, H., Isnani, N. M., Jumadi, J., Sari, D. D., & Wardhani, I. S. K. (2022). Minat Belajar Matematika Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 Ditinjau Dari Perspektif Gender. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 849. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8959
Pratama, D., Susanto, H. A., & Exacta, A. P. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Berbasis Lesson Study Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.571
Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195–209. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34581
Sari, N., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dan Minat Belajar: Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 39. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10282
Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590
Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 141. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7526
Supinah, R., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 276–290. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6153
Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219
Tupan, T. (2016). Pemetaan bibliometrik dengan vosviewewr terhadap Perkembangan Hasil Penelitian Bidang Pertanian Di Indonesia. VISI PUSTAKA: Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 18(3), 217–230. https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/132
Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309
Virgana, V., Samin, S., & Ningsih, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 95. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5330
Wibowo, D. E. (2018). Peran Self Regulated Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Yang Sering Mengikuti Lomba Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(9), 877–894. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/397
Widyastuti, W., Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2018). Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6750.83-100
Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3663
Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700
Yusuf, H. S. (2006). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Zaduqisti, E. (2009). Stereotipe Peran Gender dalam Pendidikan Anak. Muwazah: Jurnal Kajian Gender, 1(1), 73–82. https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Muwazah/article/view/281
Zarkasi, F., & Lutfianto, M. (2017). Pengaruh Permainan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 167–172.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13597
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Salaamah Nur Mujahidah, Joko Soebagyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530