Penerapan Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Segitiga dan Segiempat
(1) University of Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abu Amara, T. Y. (2021). An Analysis of the Mathematics Book for the Tenth Grade in light of the Principles of Quality Mathematics Textbooks (NCTM) from the point of view of Mathematics Teachers in Jordan. Ilkogretim Online, 20(5), .3063-3078. https://www.ilkogretim-online.org/?mno=64961
Aliyah, A. (2021). Penerapan Discovery Learning dengan LKS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Krompeng. Action Research Journal, 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.96
Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Angraini, L. M., & Wahyuni, A. (2021). The effect of concept attainment model on mathematical critical thinking ability. International Journal of Instruction, 14(1), 727–742. http://repository.uir.ac.id/2277/
Artini, N. N. M. (2020). Pembelajaran Model STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 39 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 3(1), 30–37.
Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup.
Fuqoha, A. A. N., Budiyono, B., & Indriati, D. (2018). Motivation in mathematics learning. Pancaran Pendidikan, 7(1), 202–209. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25037/pancaran.v7i1.151
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8–13. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36.
Murtalib, M., Dusalan, D., Marweli, M., & Rohana, R. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pokok Trigonometri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 22–29.
Posamentier, A. S., & Smith, B. (2020). Teaching secondary school mathematics: Techniques and enrichment. World Scientific. https://doi.org/https://doi.org/10.1142/9789811211423_0001
Purba, F. J., Subakti, H., Muntu, D. L., Simarmata, J., Avicenna, A., Harianja, J. K., Sitompul, L. R., Chamidah, D., Hasan, M., & Arhesa, S. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., Haeruman, L. D., Sianipar, L. K., Sanjaya, L. A., & Fidhyallah, N. F. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Gunawan, I. (2022). Strategi belajar mengajar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Sijabat, F. T., Muchlis, E. E., & Yensy, N. A. (2019). Penerapan model pembelajaran concept attainment untuk meningkatkan aktivitas matematika siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 13–20. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/5217
Sukardjo, M., & Salam, M. (2020). Effect of Concept Attainment Models and Self-Directed Learning (SDL) on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(3), 275–292. https://eric.ed.gov/?id=EJ1259428
Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Concept Attainment Model. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 281–293. https://doi.org/tp://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2395
Wayesa, N. N. (2020). Research on: Improving Students Group Discussion Skill in Mathematics Class. Science, 8(4), 94–99.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13093
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fakhrur Razi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530