Penerapan Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Segitiga dan Segiempat

Fakhrur Razi(1*), Rusdi Rusdi(2), M. Fachruddin(3)

(1) University of Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan utama yang terjadi ialah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VII E SMP N 6 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran concept attainment untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII E SMP N 6 Kota Bengkulu. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 6 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus atau pengulangan siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.  Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model concept attainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata mulai dari siklus I sampai ke siklus III, yaitu 55,91; 71,28 dan 84,99 dan persentase ketuntasan klasikal siswa mulai dari siklus I sampai ke siklus III, yaitu 31,82%; 54,54% dan 81,81%

Keywords


Concept Attainment Model; Learning Outcomes;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abu Amara, T. Y. (2021). An Analysis of the Mathematics Book for the Tenth Grade in light of the Principles of Quality Mathematics Textbooks (NCTM) from the point of view of Mathematics Teachers in Jordan. Ilkogretim Online, 20(5), .3063-3078. https://www.ilkogretim-online.org/?mno=64961

Aliyah, A. (2021). Penerapan Discovery Learning dengan LKS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Krompeng. Action Research Journal, 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.96

Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Angraini, L. M., & Wahyuni, A. (2021). The effect of concept attainment model on mathematical critical thinking ability. International Journal of Instruction, 14(1), 727–742. http://repository.uir.ac.id/2277/

Artini, N. N. M. (2020). Pembelajaran Model STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 39 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 3(1), 30–37.

Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup.

Fuqoha, A. A. N., Budiyono, B., & Indriati, D. (2018). Motivation in mathematics learning. Pancaran Pendidikan, 7(1), 202–209. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25037/pancaran.v7i1.151

Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8–13. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752

Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36.

Murtalib, M., Dusalan, D., Marweli, M., & Rohana, R. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pokok Trigonometri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 22–29.

Posamentier, A. S., & Smith, B. (2020). Teaching secondary school mathematics: Techniques and enrichment. World Scientific. https://doi.org/https://doi.org/10.1142/9789811211423_0001

Purba, F. J., Subakti, H., Muntu, D. L., Simarmata, J., Avicenna, A., Harianja, J. K., Sitompul, L. R., Chamidah, D., Hasan, M., & Arhesa, S. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., Haeruman, L. D., Sianipar, L. K., Sanjaya, L. A., & Fidhyallah, N. F. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Gunawan, I. (2022). Strategi belajar mengajar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Sijabat, F. T., Muchlis, E. E., & Yensy, N. A. (2019). Penerapan model pembelajaran concept attainment untuk meningkatkan aktivitas matematika siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 13–20. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/5217

Sukardjo, M., & Salam, M. (2020). Effect of Concept Attainment Models and Self-Directed Learning (SDL) on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(3), 275–292. https://eric.ed.gov/?id=EJ1259428

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Concept Attainment Model. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 281–293. https://doi.org/tp://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2395

Wayesa, N. N. (2020). Research on: Improving Students Group Discussion Skill in Mathematics Class. Science, 8(4), 94–99.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13093

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fakhrur Razi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter