Kepraktisan dan Keefektifan Lembar Kerja Siswa Materi Lingkaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik
(1) Universitas Islam Lamongan
(2) Universitas Islam Lamongan
(3) Universitas Islam Lamongan
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan LKS materi lingkaran yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2020 dengan melibatkan siswa SMPN 1 Sukodadi kelas VIII. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yakni fase penelitian awal, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari hasil angket respon siswa diperoleh bahwa semua aspek terkategori baik (aspek manfaat 74,58%, aspek kemudahan penggunaan 75%, dan aspek kemenarikan sajian 73,96%) sehingga LKS materi lingkaran yang dikembangkan memenuhi aspek kepraktisan. Selanjutnya dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh bahwa 80% siswa telah mencapai ketuntasan belajar klasikal, yakni mendapatkan skor sehingga LKS materi yang dikembangkan memenuhi aspek keefektifan. Hasil tersebut menunjukan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aliyah, A. (2021). Penerapan Discovery Learning dengan LKS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Krompeng. Action Research Journal, 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.96
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asikin, M., & Cahyono, A. N. (2008). Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan. Sekolah Riset FMIPA UNNES.
Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126
Halim, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 106–114. http://digilib.unimed.ac.id/41466/
Hoda?ová, J., & Nocar, D. (2016). Mathematics Importance in Our Life. INTED2016 Proceedings, 1(March), 3086–3092. https://doi.org/10.21125/inted.2016.0172
?nan, C., & Erku?, S. (2017). The Effect of Mathematical Worksheets Based on Multiple Intelligences Theory on the Academic Achievement of the Students in the 4th Grade Primary School. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1372–1377. https://eric.ed.gov/?id=EJ1150931
Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar [Realistic Mathematics Education Approach to Mathematics Learning Outcomes for Elementary School Students]. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28568
Kurnia, P. S., Zulfa, A., & Hendra, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Pembelajaran Matematika Materi Volum Kubus Dan Balok Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 55 Air Pacah. Disertasi: Universitas Bung Hatta. http://repo.bunghatta.ac.id/2576/
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Malay, I. (2020). Pendekatan Matematika Realistik sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Tingkat SMP. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 18–24. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/2546
Meliana, W. (2020). Pengembangan E-modul Format EPUB Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Pada Materi Trigonometri. Jurnal PTK & Pendidikan, 6(1). https://doi.org/DOI:10.18592/ptk.v6il.3778
Mortensen, M. F., & Smart, K. (2007). Free-choice Worksheets Increase Students’ Exposure to Curriculum during Museum Visits. Journal of Research in Science Teaching, 44(9), 1389–1414. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tea.20206
Mulyatna, F., Indrawati, F., & Hartati, L. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI YAYASAN RAUDLATUL JANNAH. Abdimas Dewantara, 1(1), 11–22. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/viewFile/2128/1460
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Design Approaches and Tools in Education and Training, 125–135. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_10
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/764
Plomp, T. (2010). Educational Desaign Research: an Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), An Introduction to Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development.
Prafianti, R. A., Ilmayasinta, N., & Sari, R. C. K. (2020). The Validity of Student Worksheet Circle Material Based on Realistic Mathematics Approach to Practice Mathematical Problem Solving Ability of Junior High School Students. Proceedings of The 7 Th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (7 Th Icriems).
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), IV(1), 19–32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Rahman, A. (2016). Pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika. Aksioma, 5(3), 1–7. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/758
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rikanah, D., & Widodo, W. (2016). Penguasaan Konsep Lingkaran terhadap Kemampuan Spasial Matematika Siswa Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Cirebon. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 10(1).
Rosita, C. D., Maharani, A., Tonah, T., & Munfi, M. (2020). Learning Obstacle Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 467–479. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735
Sativa, Y. A., & Kusuma, A. B. (2021). Flipped Classroom sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika di Era Pandemi. Saintifik, 7(2), 126–132. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.317
Sumarmo, U. (2004). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah Disajikan Pada Pertemuan MGMP Matematika Di SMP Negeri 1 Tasikmalaya, 11 Februari 2004.
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Yuhasriati. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 81–87. http://e-repository.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1301
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12797
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rayinda Aseti Prafianti, Elly Anjarsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530