Pengembangan e-LKPD Berbasis Open Ended pada Materi Segi Empat Kelas VII

Dinda Genius Anggun Maretha(1*), Suparman Suparman(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk mengembangkan serta  mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari  e-LKPD berbasis open ended pada materi segi empat kelas VII. Jenis Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini ialah wawancara dan lembar angket untuk ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammdiyah 2 Yogyakarta. Hasil penilaian ahli materi menunjukan bahwa e-LKPD berbasis open ended pada materi segi empat kelas VII dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 91,66%. Kategori sangat valid juga ditunjukan berdasarkan penilaian ahli media dengan presentase adalah 90,38%. Sedangkan kategori sangat praktis ditunjukan berdasarkan hasil respon peserta didik melalui uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar dengan presentase 82,95% dan 81,92%. Dengan demikian, e-LKPD berbasis open ended pada materi segi empat kelas VII dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar dalam proses mengajar di kelas.


Keywords


Open Ended, e-LKPD; Research and Development;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agasi, G. R., & Rudhito, M. A. (2014). Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal-Soal TIMSS Tipe Penalaran. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika UKSW (Vol. 5, p. 1). https://repository.uksw.edu/handle/123456789/4631

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://core.ac.uk/download/pdf/267822059.pdf

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Becker, J. P., & Shimada, S. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics, 1906 Association Drive, Reston, VA 20191-1593.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197–222. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/84

Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis soal dalam buku siswa matematika Kurikulum 2013 kelas VIII semester I berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86–98. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.86-98

Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 527–539. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37580

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran IPA. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Tengah.

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Muazaroh, A. N., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 372–384. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25565

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2016). TIMSS 2015 international results in mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 249–262. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Novyani, W. P., Adamura, F., & Maharani, S. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH OPEN-ENDED PADA MATERI SPLDV. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 72–76. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2715

Nuraini, T., & Julianto, J. (n.d.). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTs (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA MATA PELAJARAN IPA.

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/500

Peña-López, I. (2019). PISA 2018 Results. What School Life Means for Students’ Lives. https://ictlogy.net/bibliography/reports/projects.php?idp=4267

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825

Septiani, U., & Zanthy, L. S. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 58–63. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.75

Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik berbasis kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12681

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks



Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter