Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Berkemampuan Awal Rendah pada Materi Himpunan

Dewi Wulansari(1*), Syamsuri Syamsuri(2), Yuyu Yuhana(3), Abdul Fatah(4)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada materi himpunan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mathla’ul Anwar semester 3 sebanyak 13 mahasiswa, kemudian subjek dikategorikan berdasarkan kategori kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah. Subjek kemudian dipilih berdasarkan kemampuan awal matematis dengan kategori rendah, untuk mengungkap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang kurang menguasai materi tersebut. Instrumen berupa 2 soal uraian tes kemampuan pemahaman komputasional dan fungsional serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada materi himpunan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematis kategori rendah, hanya mampu mengidentifikasi data dan informasi yang terdapat dalam informasi yang diberikan pada soal.


Keywords


Ability; Understand; Mathematical Concepts, Computational; Functional; Set;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, L., Rochmad, & Isnarto. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah pengantar dasar matematika. PRISMA: Proseding Seminar Nasional Matematika, 4, 262–267.

Asih, A., & Imami, A. I. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII pada materi himpunan. Maju, 8(2), 9–16.

Aulia, A. A., Parta, I. N., & Irawati, S. (2017). Pemahaman konsep fungsi invers siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 106–112.

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam pemahaman belajar serta penyelesaian masalah ruang dimensi tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135–142. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8892

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemahaman matematik siswa SMP. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa pada mata kuliah kalkulus peubah banyak berdasarkan Newmann’s error analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121–134. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3843

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079

Hernaeny, U., Marliani, N., & Marlina, L. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19,” 1(1), 604–611.

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120

Jafar. (2013). Membangun pemahaman yang lengkap (Completely Understanding ) dalam pembelajaran konsep grup. KNPM V: Himpunan Matematika Indonesia, 87–95.

Kurniasi, E. R., & Juwita, I. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang, rendah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 21–34. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/e.v7i1.160

Melawati, N. A. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP/MTs pada materi bangun ruang sisi datar. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage Publications.

Nia, N. M., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal persamaan linier dua variabel ditinjau dari pemahaman matematis menurut Pollatsek. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 1(1), 45–78.

Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan. Journal On Education, 01(02), 473–479.

Rosita, I., Hasanah, F. H., & Wulansari, D. (2021). Analisis pemahaman fungsi invers pada guru matematika berdasarkan teori Skemp. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 24–34. https://doi.org/https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.11173

Suarsana, I. M., Widiasih, N. P. S., & Suparta, I. N. (2018). The effect of brain based learning on second grade junior students’ mathematics conceptual understanding on polyhedron. Journal on Mathematics Education, 9(1), 145–155. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jme.9.1.5005.145-156

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. In FPMIPA UPI.

Suparni, E., Nurfitriyanti, M., & Eva, L. M. (2021). Pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 157–166. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9179

Susiaty, U. D., & Haryadi, R. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 239–248. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1574

Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11328

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dewi Wulansari, Syamsuri Syamsuri, Yuyu Yuhana, Abdul Fatah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter