Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Sigil pada Materi Induksi Matematika

Martina Ula(1), Ganjar Susilo(2*), Besse Intan Permatasari(3)

(1) SINTA ID: 6000718, Universitas Balikpapan
(2) Universitas Balikpapan, Balikpapan
(3) Universitas Balikpapan, Balikpapan
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari e-modul pembelajaran matematika berbasis sigil pada materi induksi matematika. Model penelitian ini ialah Research and Development Borg and Gall. Data penelitian berasal dari guru, siswa, pustakawan, buku-buku dan jurnal-jurnal terbaru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket (kuesioner), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh skor 3,39 dan media 3,27 dengan kriteria “Sangat Valid”. Dalam menilai kepraktisan e-modul berbasis sigil respon guru mendapatkan skor 3,57 dan siswa 3,43 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan Keefektifan e-modul memperoleh kualifikasi “Efektif” dengan persentase skor 82%. Dengan demikian e-modul berbasis sigil pada materi induksi matematika telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan oleh siswa.


Keywords


Development; Mathematics Learning E-module; Sigil;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adi, G. B. (2017). Dampak penggunaan warna panas dalam upaya branding suatu produk. PRODUCTUM: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 3(2), 58. https://doi.org/10.24821/productum.v3i2.1623

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Sesiomadika, Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1a), 1–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2249

Aisy, D. R., Farida, & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ( SPLDV ). EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas Penggunaan E-Book Dengan Sigil untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 81–85.

Anawati, Y., Ula, M., & Susilo, G. (2020). Pembelajaran E-Learning dalam Membantu Pemecahan Soal High Order Thinking Skill di Tengah Pandemi Covid – 19. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 159–168. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4734

Angga, R., Sri, R., & Intan, B. (2019). Pengembangan Metode HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Balikpapan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 84–98. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28876

Darma, R. S., Setyadi, A., Wilujeng, I., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Multimedia Learning Module Development based on SIGIL Software in Physics Learning Multimedia Learning Module Development based on SIGIL Software in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1233, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012042

Eskak, E., Salma, I. R., & Sumarto, H. (2017). Peningkatan kecerahan dan daya rekat warna pada produk gerabah batik. PRODUCTUM: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 3(1), 1. https://doi.org/10.24821/productum.v3i1.1733

Faizin, K. (2020). Analisis Penggunaan Metode Penelitian Evaluasi pada Penelitian Bahasa Arab Model Pengembangan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 02(01), 39–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tabyin.v2i1.27

Fitri, H. R., Mufit, F., & Asrizal, A. (2020). Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar Fisika Materi Kalor dan Teori Knetik Gas Mengintegrasikan Literasi Baru dan Literasi Bencana Untuk Kleas XI SMA. Pillar Of Physics Education, 13(1), 169–176.

Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2016). Pengembangan E-book Bereksistensi EPUB Pada Pembelajaran IPA SMP. Bioshell, 5(01), 298–305.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Istikomah, I., Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Sigil: Pengembangan Modul Elektronik Berbasis RME pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(2), 91–98. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1957

Kamal, M. (2020). Research and Development (R&D) Tadribat/Drill Madrasah Aliyah Class X Teaching Materials Arabic Language. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Meliana, W. (2020). Pengembangan E-modul Format EPUB Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Pada Materi Trigonometri. Jurnal PTK & Pendidikan, 6(1). https://doi.org/DOI:10.18592/ptk.v6il.3778

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v3il.2127

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/2615-7667.211

Ramda, A. H. (2017). Analisis Kesesuaian Materi pada Buku Teks Matematika Kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYHTAGORAS: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057

Rustaman, A. H., Iqbal, M., & Amelia, W. (2019). Pengembangan Modul Digital Praktikum Komputer Grafis 1 Dalam Format Elektronik Publication (EPUB) Untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Grafis Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Topik: Digital Imaging). JISIP, 3(1), 224–229. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v3i1.647

Rusydi, I. (2020). Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Tahun Akademik 2019/2020. Jurnal Risalah (Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam), 6(1), 258–269. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.160

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99–103. https://doi.org/https://doi.org/103.31004/jpdk.v1i2.603

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, R., Karyono, T., & Soeteja, Z. S. (2020). Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa PGSD. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 27–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3334

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMA Negeri 1 Surabaya. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(2), 1–9.

Tobing, H. E. L., Somakim, S., & Susanti, E. (2020). The Use of Electronic Modules Designed Using Sigil in Learning the Distance in Geometry. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 513, 640–647. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.175

Umbaryati, U. (2013). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 217–225.

Wahyudi, D. (2019). Pengembangan E-modul Dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android ( Development Of E-Modules In Learning Math High School Android Based). Gauss: Jurnal Pendidikan Matemaika, 02(02), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1739

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–193. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48

Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (EPUB) Menggunakan Software Sigil pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 11–16. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i1.732

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11286

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Martina Ula, Ganjar Susilo, Besse Intan Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter