Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Model Personalized System of Instruction
(1) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(2) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(3) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Personalized System of Instruction dan mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Personalized System of instruction lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dan menggunakan desain Pre Test–Post Test Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kerinci Tahun Pelajaran 2020-2021. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model Personalized System of Instruction dan pemahaman konsep matematis dengan model Personalized System of Instruction lebih baik dari pemahaman konsep matematis model pembelajaran biasa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Permainan untuk Siswa Kelas 1 MI. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117–138. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/177
Fauzan, A., & Tasman, F. (2020). Designing PISA Like Problems for West Sumatra Mathematics and Science Junior High School Teachers. Pelita Eksakta, 3(1), 75. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss1/106
Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Huriyanto, M., & Suparji. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) Menggunakan Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Bangunan Kelas XI TGB SMK Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 14–20.
Islami, A., & Rusliah, N. (2020). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 3(1), 187–193. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/935
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, M., Budilestari, P., Ridha, M., & Rasyid. (2018). Penerapan Metode Personalized System Of Instruction Untuk terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang diterapkan metode Personalized System of Instruction (PSI) dan pada siswa yang diterapkan model Direct Learning. INTERMATHZO: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 132–139. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/289
Mubarika, M. P. (2014). Perbandingan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan metode pembelajaran psi dengan konvensional. Pasundan Jurnal of Mathematcs Education (PJME), 4(1), 78–84.
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Personalized System of Instruction (Psi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.31
Oktari, G., Putra, A., Putri, R., & Ningsih, F. (2018). Penggunaan Strategi Mind Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 6(2), 70–76. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5364
Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10–17. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_2
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11172
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
Copyright (c) 2021 Sri Hartini, Nur Rusliah, Febria Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530