Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Model Personalized System of Instruction

Sri Hartini(1*), Nur Rusliah(2), Febria Ningsih(3)

(1) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(2) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(3) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Personalized System of Instruction dan mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Personalized System of instruction lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dan menggunakan desain Pre Test–Post Test Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kerinci Tahun Pelajaran 2020-2021. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model Personalized System of Instruction dan pemahaman konsep matematis dengan model Personalized System of Instruction lebih baik dari pemahaman konsep matematis model pembelajaran biasa.


Keywords


Understand Mathematical Concepts; Model Personalized System of Instruction;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Permainan untuk Siswa Kelas 1 MI. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117–138. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/177

Fauzan, A., & Tasman, F. (2020). Designing PISA Like Problems for West Sumatra Mathematics and Science Junior High School Teachers. Pelita Eksakta, 3(1), 75. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss1/106

Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Huriyanto, M., & Suparji. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) Menggunakan Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Bangunan Kelas XI TGB SMK Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 14–20.

Islami, A., & Rusliah, N. (2020). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 3(1), 187–193. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/935

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, M., Budilestari, P., Ridha, M., & Rasyid. (2018). Penerapan Metode Personalized System Of Instruction Untuk terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang diterapkan metode Personalized System of Instruction (PSI) dan pada siswa yang diterapkan model Direct Learning. INTERMATHZO: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 132–139. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/289

Mubarika, M. P. (2014). Perbandingan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan metode pembelajaran psi dengan konvensional. Pasundan Jurnal of Mathematcs Education (PJME), 4(1), 78–84.

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Personalized System of Instruction (Psi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.31

Oktari, G., Putra, A., Putri, R., & Ningsih, F. (2018). Penggunaan Strategi Mind Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 6(2), 70–76. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5364

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10–17. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_2

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11172

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks



Copyright (c) 2021 Sri Hartini, Nur Rusliah, Febria Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter