PENGARUH PERSEPSI ATAS GAYA BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN TEKS RECOUNT
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh persepsi atas Gaya Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Pemahaman Teks Recount. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh model Gaya Belajar terhadap Pemahaman Bacaan Teks Recount. 2) Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Pemahaman Bacaan Teks Recount.3) Pengaruh Gaya Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Pemahaman Bacaan Teks Recount. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri di Jakarta Selatan dengan besar sampel sebanyak 72 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes butir soal Pemahaman Bahasa Inggris sebanyak 30 pertanyaan yang telah diuji homogenitasnya dengan besar Sig. = 0,00. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar terhadap pemahaman Bacaan Teks Recount, hal tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0.005 dan Fh = 15.907. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap pemahaman bacaan teks recount siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan, hal tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0.025 dan Fh = 9.122. 3) Terdapat Pengaruh yang signifikan Persepsi atas Gaya Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap pemahaman Bacaan Teks Recount siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan, hal tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0.000 dan Fh 10.358. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan pemahaman Bacaan Teks Recount di tingkat SMA.
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. (2015). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Kajian Singkat, VI(15), 9–11. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-VI-15-I-P3DI-Agustus-2014-56.pdf
Press workshop: Implementasi kurikulum 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ___ (2014).
Keraf, G. (2004). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Martini, I. (2016). Pengaruh model discovery learning dengan gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) terhadap pembelajaran Invertebrata di SMA. Journal of Biology Education, 5(1). http://lib.unnes.ac.id/28167/
Mulyana, A. (2020). Gaya belajar siswa, pengertian tife, dan faktor yang mempengaruhi. https://ainamulyana.blogspot.com/2015/04/gaya-belajar-siswa.html
Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran Kosakata. Angkasa.
Yusliarti, F., Engliana, E., & Miranti, I. (2020). Gaya bahasa aliterasi pada puisi pilihan karya Li Qing. Deiksis, 12(02), 24–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.4133
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v4i2.6021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License