PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BAHASA INGGRIS

Siti Nur Laela(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Inggris, pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Inggris, serta untuk mengetahui pengaruh interaksi metode pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan jenis perlakuan yang berbeda pada dua kelompok belajar siswa. Sampel berukuran 84 siswa yang terdiri dari atas 42 siswa kelas eksperimen dan 42 siswa kelas kontrol, dengan teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster sampling berdasarkan factorial group design. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan ANOVA dua arah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, September – Januari 2020. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Bekasi, dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan F = 152,471. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan  menulis teks deskripsi bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Bekasi, dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan F = 58,430. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang tidak signifikan metode pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Bekasi, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,016 < 0,05 dan F = 6,002.

Key Words: Metode Pembelajaran, Minat Belajar, Kemampuan Menulis


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. CV. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v3i1.6010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License