THE EFFECT OF VOCABULARY MASTERY AND SENTENCE STRUCTURE ON READING COMPREHENSION OF ENGLISH EXPOSITION TEXTS

Hesty Utami Yunus(1*), Supeno Supeno(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penguasaan kosakata dan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap pemahaman bacaan teks eksposisi bahasa Inggris. 2) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman bacaan teks eksposisi bahasa Inggris. 3) Pengaruh struktur kalimat terhadap pemahaman bacaan teks eksposisi bahasa Inggris. Metode dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Jakarta Timur dengan besar sampel sebanyak 90 siswa yang diambil secara acak dari siswa SMP Widya Manggala Jakarta Timur dan siswa SMP Kuntum Wijaya Kusuma Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-November 2019. Instrumennya yaitu tes dan angket. Analisis dilakukan dengan metode regresi linear ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap pemahaman bacaan teks eksposisi bahasa Inggris siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,003 < 0,05 dan F hitung = 6,382. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap pemahaman bacaan teks eksposisi bahasa Inggris siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,002 < 0, 05 dan t hitung = 2,198. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan struktur kalimat terhadap pemahaman bacaan teks eksposisi bahasa Inggris siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,003 < 0, 05, dan oleh t hitung = 3,108.

Kata Kunci: penguasaan kosakata, struktur kalimat, pemahaman bacaan teks eksposisi Bahasa Inggris.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Allen, G. (2000). Intertextuality. Routledge. https://books.google.co.id/books?id=fYE71uQV68gC

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. In Cambridge Language Teaching Library. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511733109

Dykes, B. (2007). Grammar for everyone: Practical tools for learning and teaching grammar. ACER Press.

Faliyanti, E. (2015). The Correlation Between Students’ Vocabulary Mastery and Their Interest in English Toward Reading Comprehension in Descriptive Text. PREMISE JOURNAL, 4(2), 68. https://doi.org/10.24127/pj.v4i2.301

Fitriani, R., & Suendarti, M. (2021). Pengaruh Persepsi Atas Gaya Belajar Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Pemahaman Bacaan Teks Recount. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 4(2), 120–129. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/6021

Harmer, D. (2020). Teacher inquiry. In E. H. Van Zee & J. Minstrell (Ed.), Inquiring into Inquiry Learning and Teaching in Science (hal. 184–215). AAAS Publication.

Harmer, J. (2007). How to Teach English. Pearson Longman. https://books.google.co.id/books?id=0s_JZIuhHP8C

Johnson, D., & Johnson, R. T. (2013). The impact of cooperative, competitive, and individualistic learning environments on achievement. In J. Hattie & E. Anderman (Ed.), International handbook of student achievement (hal. 372–374). Routledge. https://www.researchgate.net/publication/260596923_Johnson_D_W_Johnson_R_T_2013_The_impact_of_cooperative_competitive_and_individualistic_learning_environments_on_achievement_In_J_Hattie_E_Anderman_Eds_International_handbook_of_student_achievement_372

Kartono, K. (2018). Pengaruh Kemampuan Membaca Cepat dan Sikap Berbahasa terhadap Kemampan Menulis Eksposisi Bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 1(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3816

Longstreet, W. S., & Shane, H. G. (1992). Curriculum for a New Millennium (1st ed.). Pearson.

Manullang, L., & Supeno, S. (2020). The effects of vocabulary mastery and reading interest on EFL students’ narrative writing skills. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 3(3), 200. https://doi.org/10.30998/inference.v3i3.5774

Novianti. (2019). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching2, 2(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/5414

Porter, B. De, & Hernacki, M. (2003). Quantum learning (A. Abdurrahman (penerj.)). PT Mizan Publika. https://books.google.com/books?id=6_Nx2_6T2cAC

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. CV. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran Kosakata. Angkasa.

Thornbury, S. (2007). How to teach speaking. Longman.

Wiggins, G. (2014). How Good Is Good Enough? Educational Leadership, 7(4), 10–16. http://www.ascd.org/publications/educational-leadership/dec13/vol71/num04/How-Good-Is-Good-Enough¢.aspx




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v4i3.5801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License