THE EFFECT OF VOCABULARY MASTERY AND READING INTEREST TOWARDS THE ABILITY TO COMPREHEND RECOUNT TEXT

Evi Agustin(1*), Syahfitri Purnama(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan minat baca terhadap kemampuan memahami teks recount. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Memahami Teks Recount, 2) Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Memahami Teks Recount, 3) Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Minat Baca secara bersama-sama terhadap Kemampuan Memahami Teks Recount. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 66 (enampuluh enam) siswa SMP Negeri di Kabupaten Indramayu.. Instrument yang digunakan adalah angket dan hasil tes bahasa Inggris bentuk pilihan ganda dengan pilihan 20 soal penguasaan kosakata dan 20 soal mengenai teks recount. Data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 20 dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan: 1) Pengaruh Penguasaan Kosakata berpengaruh langsung terhadap Kemampuan Memahami Teks Recount, 2) Penguasaan Minat Baca berpengaruh langsung terhadap Kemampuan Memahami Teks Recount, 3) Pengaruh  Penguasaan Kosakata dan Minat Baca secara bersama-sama berpangaruh langsung terhadap Kemampuan Memahami Teks recount.

             Kata kunci: Penguasaan kosakata, minat baca, teks recount.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Sinar Grafika Offset.

Ridwan. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik untuk Penelitian, cetakan 3, Bandung : Alfabeta.

Sumadoyo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v3i3.5757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License