PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS

Muhammad Iqbalullah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to know the effect of vocabulary mastery and grammar toward the ability to write the English descriptive text. The research hypothesis tested include: 1) The influence of vocabulary mastery and grammar toward the ability to write the English descriptive text, 2) The influence of vocabulary mastery toward the ability to write the English descriptive text, 3) The influence of grammar mastery toward the ability to write the English descriptive text. The research method used is survey; the sample is 60 students of class X that chosen from two schools of SMA Negeri which are in Bogor. Data collection was conducted by multiple choices and essay test, data analysis used in this research is Regression Analysis Model to know the influence of independent variable with dependent variable. The statistical test used Test t and Test F. The results showed: 1) There is a significant influence of vocabulary mastery and grammar toward the ability to write the English descriptive text of senior high school students in Bogor. This is evidenced by the acquisition of Sig value 0,000 < 0,05 dan  = 54,363. 2) There is a significant influence of vocabulary mastery toward the ability to write the English descriptive text of senior high school students in Bogor. This is evidenced by the acquisition of Sig value 0,000 < 0,05 dan  = 4,704. 3) There is a significant influence of vocabulary grammar toward the ability to write the English descriptive text of senior high school students in Bogor. This is evidenced by the acquisition of Sig value Sig. = 0,000 < 0,05 dan  = 5,260.

 

Keywords: Vocabulary mastery, Grammar mastery, Ability to write English descriptive text.

 

Abstrak: Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. (Survei pada SMA Negeri di Kabupaten Bogor). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Inggris. 2) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Inggris. 3) Pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, sampel dilakukan pada 60 siswa kelas X dari dua SMA Negeri yang ada di wilayah Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes berbentuk pilihan ganda dan uraian, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Analisis Regresi untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat. Uji statistik dipergunakan Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Inggris siswa, hal tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0,000 < 0,05 dan  = 54,363. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Inggris siswa, hal tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0,000 < 0,05 dan  = 4,704. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Inggris siswa, hal tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0,000 < 0,05 dan  = 5,260.

 

Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Penguasaan Tata Bahasa, Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Badudu, J.S., & Sutan Muhammad Zain. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Daniels. (2001). Morfologi Bahasa. Front Cover. Jos. Daniel Parera. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Doddy, Achmad, Sugeng Ahmad, dan Effendi. (2008). Developing English Competencies 1 for Senior High School (SMA/MA). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Haycraft, J. (1978). An Introduction to English Language Teaching. Great Britain: Lowe and Brydone Ltd.

Hornby, A.S. (2010). Ofxord Advanced Learner’s Dictionary, International Student’s Edition. Oxford: Oxford University Press.

Indra, Aditya. (2012). 12 Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris. Diakses pada: 10 Februari 2017. http://ib-aditya.blogspot.co.id/2012/01/jenis-jenis-teks-dalam-bahasa-inggris.html.

Jacobs, Roderick A. (1995). English Syntax: A Grammar for English Language Professionals. United States: Oxford Univeristy Press.

Keraf, Gorys. (1996). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana. (2001). Pelajaran Bahasa: Analisis Kalimat. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.

Linse, Caroline T. (2005). Practical Languange English Teaching Young Learners. New York: The McGraw-Hill, Inc.

Muntaha dan Alimin. (2009). Mastering English Grammar. Ujung Pangkah: Palanta.

Nurgiantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nuriskandar. (2013). Pengertian, Keguanaan, Rumus dan Contoh Simple Present Tense. Diakses pada: 10 Februari 2017. http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2013/07/pengertian-kegunaan-rumus-dan-contoh.html

Nurmaya, Pety. (2016). Tahap-tahap Menulis. Diakses pada: 10 Februari 2017. http://pentynurmaya.blogspot.co.id/2016/12/tahap-tahap-menulis.html.

Rusmajadi, Jodih. (2010). Terampil Berbahasa Inggris: Beberapa Tips Mengajar Bahasa Inggris. Jakarta: PT Indeks.

Soedjito. (1992). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Poerwadarminta, W.J.S. (2011). Kamus Bahasa Indonesia Bermakna Perbendaharaan Kata. Yogyakarta: Gajah Mada University Press..




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v1i3.5531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License