PENGARUH PERSEPSI ATAS GAYA BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi atas gaya belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI SMK Negeri di Jakarta Pusat; 2) pengaruh persepsi atas gaya belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI SMK Negeri di Jakarta Pusat; 3) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI SMK Negeri di Jakarta Pusat. Metode penelitian ini adalah survei dengan teknik analisis korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1, SMK Negeri 34, dan SMK Negeri 39 di Jakarta Pusat, semester Genap tahun pelajaran 2017-2018 berjumlah 667 siswa. Sampel penelitian ini adalah 100 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMKN di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 7,047. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMKN di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,049 < 0,05 dan thitung = 1,993. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMKN di Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan, nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,739.
Kata Kunci: Persepsi siswa, gaya belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (6th ed.). Rineka Cipta.
Heri, T. (2015). Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Agama Islam, 15(1), 59–79.
Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003) (testimony of Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia). https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm
Kurniawan, M. R. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4319
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Rosa, E. (2018). Pengaruh Persepsi Peserta Didik atas Gaya Belajar dan Kecerdasan Intelektual terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 1(1), 33–42. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3814
Sasmita, R. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Diri terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 1(1), 70–79. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3818
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Soedarsono, S. (2009). Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju terang. Elex Media Komputindo. https://ebooks.gramedia.com/id/buku/karakter-mengenal-bangsa-gelap-menuju-terang
Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. CV. Alfabeta.
Sulhan, M. (2016). Teenage Education and Character Building – a Report of the Application of Hypnoparenting Method. Journal of English Language Studies, 01(02), 81–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jels.v1i2.958.g752
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v4i1.5493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License