PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Mikaela Selvin Mari(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian Ini Merupakan Penelitian Survei pada SMK Swasta Di Jakarta Barat, tahun 2017/2018. Sampel sebanyak 85 orang siswa yang dipilih secara random dari beberapa sekolah SMK Swasta di Jakarta Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris, Pengaruh Minat terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris dan Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Minat secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Pengambilan  data dilaksanakan dengan cara memberikan tes dan menyebarkan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata Dan Minat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 6,3959. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris SMK Swasta Di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 6.913. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris SMK Swasta Di Jakarta Barat . Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan thitung = 3. 003s


Full Text:

PDF

References


A.M., Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi.(2002). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.(2001). Prosedur Penelitian. .Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.(1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Boyoh, Fanny Hanny, 2018. “Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris” dalam Inference: Journal of English Language Teaching. Vol.1, No.1, April 2018, pp. 1-98. Jakarta: Unindra

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Djaali. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar.(2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Akasara

Hardjana, Agus M. (1994). Stres tanpa Distres, Seni Mengolah Stres. Yogyakarta : Kanisius

Hurlock, Elizabeth B. (1981). Development Psychology Live Span Approach. Fifth Edition. .New Delhi : Tata Mc Graw Hill.

Kachru, Braj Bahri. (1985). Standardrs, codification, sociolinguistic realism : the English language in the outer circle. Indiana : R Publishing.

Keraf , Gorys. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v2i1.5388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License