PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN SIKAP BERBAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI BAHASA INGGRIS
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca cepat dan sikap terhadap kemampuan menulis eksposisi bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan populasi siswa SMK Swasta di Kabupaten Indramayu, melalui teknik acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Teknik analisis regresi digunakan untuk analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan membaca cepat dan sikap berbahasa berkontribusi terhadap kemampuan menulis eksposisi bahasa Inggris.
Kata kunci: menulis eksposisi bahasa Inggris, membaca cepat, sikap berbahasa
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Inggris. Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf, G. 1980. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Sudjana, N. ( 2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparman, I. A. (2014). Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri
Tarigan, H. G., & Djago, T. (1987). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v1i1.3816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License