PENGARUH PENGUASAAN TATA BAHASA DAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF BAHASA INGGRIS (Survei Pada SMK Swasta di Kota Tangerang)

Abdul Fatah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan tata bahasa dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah survey. Sampel berukuran 314 siswa diambil secara acak (random sampling). Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode tes. Analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji statistik dengan uji t dan uji F. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan tata bahasa dan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 26,745. Secara bersama-sama penguasaan tata bahasa dan penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 16,2% terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 7,247. Secara parsial penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 13,9 %. terhadap variabel kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,004 < 0,05 dan  thitung = 2,880. Secara parsial penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 2,3%. terhadap variabel kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris.

Kata Kunci: Penguasaan Tata Bahasa, Kosakata, Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris

 

Abstract

This study aims to determine the effect of grammar mastery and vocabulary mastery towards the ability to write English narrative text. The method used is a survey. The results of the study show: 1) There is a significant influence of the mastery of grammar and vocabulary mastery together on the ability to write English narrative texts of private vocational students in Tangerang City. This is evidenced by the acquisition of sig = 0,000 <0,05 and Fobserve = 26,745. The mastery of both grammar and vocabulary contributed 16.2% towards the ability to write English narrative text. 2) There is a significant influence on grammar mastery towards the ability to write English narrative texts of private Vocational students in Tangerang City. This is evidenced by the acquisition of sig = 0,000 <0,05 and t observe = 7,247. Partially mastery of grammar contributes 13.9%. towards the variable ability to write English narrative text. 3) There is a significant influence on vocabulary mastery towards the ability to write English narrative texts of private vocational students in Tangerang City. This is evidenced by the acquisition of sig = 0.004 <0.05 and t observe = 2.880. Partially vocabulary mastery contributes 2.3%. on the variable ability to write English narrative text.

Keywords: Grammar Mastery, Vocabulary, Ability to Write Narrative English Text


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2011). Metode penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, A. (2011). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta. Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa. Jakarta: Depdiknas.

Finnochiaro, M. & Michael B. (2013). The Foreign Language Learner A Guide For Teachers. New York: Regents Publishing Company.

Finnochiaro, M. (2014). English as a Second Language: From Theory To Practice. New York: Regents Publishing Company.

Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Halliday, M.A.K. (2014). An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnlold of The Hodder Headline Group.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Quirk, R. (2015). A Comprehensive Grammar of English Language New York: Cambridge University Press.

Sudjana, N. (2012). Penelitian dan penilaian pendidikan, Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, H.G. (2015). Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v1i1.3811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License