Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website

Fajar Sukma Pratama(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1) Membuat media ajar sebagai solusi Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi; 2) Sarana belajar agar meningkatkan motivasi belajar khusunya siswa SMA kelas X. Metodologi penelitian yang digunakan untuk membuat media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis website  ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Model FOUR D dan Model ADDIE dengan Hasil penelitian disimpulkan Penelitian ini telah menghasilkan sebuah produk purwarupa (prototype) media pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X semester 1 jenjang SMA melalui tahapan yang mengadaptasi model ADDIE (Branch, 2009). Pemilihan model tersebut dikarenakan model ADDIE sekuensial dan sistematis untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran. Media pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X semester 1 jenjang SMA paltform Wordpress dan didukung aplikasi lainnya seperti Ms. Office, Adobe photoshop, Google aplication dan Youtube. Media pembelajaran yang dikembangkan memuat materi Teks Laporan Observasi, Eksosisi, Anekdot, dan Cerita Rakyat. Media pembelajaran yang dibuat mengacu pada silabus dan RPP yang sudah dibuat berdasarkan observasi dan rujukan pembelajaran tatap muka terdahulu yang memenuhi unsur KI dan KD,  Materi, Evaluasi, Pustaka, Petunjuk, dan Profil.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, website, teks laporan, anekdot, eksposisim.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk matakuliah kurikulum dan pengajaran di jurusan pendidikan teknik informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 5(3), 149-157.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 205-209.

Lim, S. H. (2017). Hubungan kepimpinan instruksional, budaya organisasi dan organisasi pembelajaran di sekolah berprestasi tinggi di Malaysia (Doctoral dissertation, Universiti Pendidikan Sultan Idris).

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. In Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (pp. 75–132). Jakarta: KENCANA

Tambunan, N. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats