Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Indonesia

Siti Sundari(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan minat baca secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan, untuk mengetahui penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan Teknik proporsional random sampling dari seluruh siswa SMK negeri di Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian teks pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisa data terdiri dari pengujian instrument penelitian dengan uji validitas, reabilitas. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data adanya pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan minat baca secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks naratif bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 74,051 yang berarti regresi tersebut signifikan, terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung 7, 134 yang berarti terdapat pengaruh signifikan.

 

Kata kunci: pengaruh kosakata, minat baca, keterampilan menulis, teks deskriptif


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhadiah, S. (2002). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Brown, H. G. (2001). Teaching by principles: Interactive approach to language. pedagogy. New York: San Francisco State University.

DeCarrico, J. (2002), Grammar, an introduction to applied linguistic, London: Hodder Education.

Hurlock, E. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Nurhadi. (2000). Membaca cepat dan efektif. Bandung: Sinar Baru.

Nurgiyantoro, B. (2001). Menulis secara populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Poerwadarminta. (2007). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Rachmawati. (2005). Indahnya bahasa dan sastra Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rahim, F. (2008). Persiapan membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohman, F. (2005). Pengembangan pembelajaran membaca. Jawa Tengah: Dinas Pengembangan Tenaga Kependidikan.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, P. (2003). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2005). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa, Bandung: Angkasa.

Wiryodijoyo, S. (2001). Membaca: Strategi, pengantar, dan tekniknya, Yogyakarta: Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.9038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats