Nilai Pendidikan Karakter dan Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara

Ahmad Syamsudin(1*), E. Zaenal Arifin(2), Masrin Masrin(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dan aspek psikologis yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Pendidikan karakter adalah upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk menanamkan nilai-nilai perilaku peserta didik dan implemetasinya dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara yang berhubungan dengan pendidikan karakter  terdiri dari: (1) kerja keras, (2) sabar, (3) kasih sayang, (4) sportif, (5) displin, (6) jujur, (7) kerja sama, (8) tanggung jawab, (9) rasa ingin tahu, (10) gigih, dan (11) berani. Berdasarkan pembahasan id, ego, dan superego tokoh utama dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud; maka disimpulkan bahwa aspek psikologis tokoh utama adalah suatu struktur yang terdiri atas unsur id, ego, dan superego yang saling berkaitan dalam membentuk berbagai tingkah laku tokoh utama.

Kata kunci : Nilai-nilai karakter, psikoanalisis Sigmund Freud, dan novel.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, M. (2011). Memahami riset perilaku dan sosial. Bandung: Pustaka Cendikia Utama

Bartens, K. (2016). Psikoanalisis sigmun freud. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Endraswara, S. (2008). Metodologi penelitian sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pabichara, K. (2012). Sepatu Dahlan. Jakarta: Mizan Publika.

Ratna, N. K. (2015). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, M. A. (2012). Metode penelitian sastra. Bandung: Angkasa.

Yusti, P., Handoyo, S., & Matulessy, A. (2011). Pendidikan karakter perspektif guru dan psikolog. Malang: Selaras.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i03.8042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats