Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Persepsi Siswa Pada Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap Hasil belajar bahasa Indonesia. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Ekstrinsik dan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, 2. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Ekstrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia 3. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap Hasil belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 88 siswa kelas X tahun ajaran 2018/2019 yang berasal dari tiga Sekolah Menengah Kejuaruan Negeri Kota Tangerang Selatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi ekstrinsik dan persepsi siswa pada perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung = 6,919 dan Sig. 0,002 < 0,05. Secara bersama-sama variabel motivasi ekstrinsik dan persepsi siswa pada perpustakaan sekolah memberikan kontribusi sebesar 14 % terhadap variabel hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,282 dan Sig. 0,001 < 0,05. Variabel motivasi ekstrinsik memberikan kontribusi sebesar 10,09 % dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,186 dan Sig. 0,032 < 0,05. Variabel persepsi siswa pada perpustakaan sekolah memberikan kontribusi sebesar 3,91 % dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan..
Kata Kunci: Motivasi ekstrinsik, persepsi siswa pada perpustakaan sekolah, hasil belajar bahasa Indonesia
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakatra: Bumi Aksara.
Barnadib, S. I. (2000). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: F.P Yogyakarta
Casson, R. et al. (2001). The Miami University Digital Library: A whitepaper.
Djamarah, B.S. (2008). Psikologi belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hamalik, O, (2003). Proses belajar dan mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Lerner, T. C., (1988). Learning disabilities: Theories, diagnosis, and teaching strategies. Boston: Huoghton Mufflin.
Mulyana, D. (2005). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Grafindo.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarno, N. S. (2006). Perpustakaan dan masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.
Sutarno, N.S. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sutikno, M. S. (2004). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Prospect.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|