Hegemoni Kekuasaan dan Ideologi dalam Novel Pulang Karya Tere Liye (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra)

Kuswatun Khasanah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kaitan antara hegemoni kekuasaan dengan ideologi, serta penyajiannya dalam novel Pulang karya Tere Liye. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif, menganalisis, dan mendeskripsikan hegemoni kekuasaan dan ideologi yang terdapat pada novel dengan pendekatan teori hegemoni Gramsci, kajian Sosiologi Sastra. Teknik yang digunakan adalah analisis isi berdasarkan urutan masalah yang telah dirumuskan, secara deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyajikan data secara objektif. Hasil pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terjadinya hegemoni kekuasaan dari kelas penguasa berkaitan erat dengan ideologi yang dianut tokoh sebagai wakil dari kelompok sosial tertentu; ideologi penguasa yang menempatkan kekuasaan di atas segalanya, menghalalkan segala cara, kekuasaan dapat diupayakan dengan uang, serta kekuasaan dan kejayaan dibangun dengan kerja sama, mengakibatkannya melakukan hegemoni kepada kelas sosial rendah yang berideologi setia dan patuh kepada penguasa. 2) Hegemoni kelas berkuasa kepada kelas sosial llain terjadi baik secara sukarela maupun terpaksa, yang digambarkan pada penokohan, latar ruang dan waktu, serta dalam setiap alur cerita, baik dalam penceritaan maupun sorot balik, pada kisah perjalanan Bujang dalam mendukung keluarga Tong dalam praktik tersebut.  3) Ideologi kelas berkuasa maupun kelas yang dikuasai, tergambar secara jelas pada setiap peristiwa yang terjalin dalam kesatuan alur yang menantang, keutuhan serta kesatuan isi dan makna yang dijalin secara runtut, yang mengakibatkan hegemoni kekuasaan dapat terjadi, sehingga pengarang mampu menyampaikan kritik sosialnya secara jelas dan lugas.

 Kata Kunci: hegemoni kekuasaan, ideologi, novel

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiardjo, M. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka Utama.

Liye, T. (2015). Pulang. Jakarta: Republika.

Purba, A. (2010). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rokhmansyah, A. (2010) Sastra Sebagai Cerminan Masyarakat. Phianzsotoy.blogspot.co.id/2010/06/sastra-sebagai-cermin-masyarakat.html.

Surbakti, R. (1992). Memahami ilmu politik. Grasindo.

Wellek, Rene dan Austin Warren. (2000). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats