Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi

Neni Kurniati(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Untuk mengetahui pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, dan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel sebanyak 88 orang siswa yang dipilih secara acak/random dari seluruh siswa smp negeri dikota Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan test langsung kepada sampel. Untuk tes penguasaan kosakata dan tata bahasa menggunakan instrumen multiple choice atau tes pilihan ganda, sedangkan tes kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan tes uraian tertulis. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000< 0,05 dan Fh = 15,056. Secara bersama-sama penguasaan kosakata dan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 26,2% terhadap variable kemampuan menulis teks eksposisi. 2) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan th =4,008. Variable penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 17,5% dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi. 3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,008 < 0,005 dan th= 2,733. Variable penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 9,14% dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, S. I. (2014). Aplikasi komputer. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djiwandono, S. (2011). Tes bahasa: Pegangan bagi pengajar bahasa. Jakarta: Indeks.

Djojosuroto, K., & Sumaryati, M. L. . (2000). Prinsip-prinsip dasar penelitian bahasa dan sastra. Bandung: Nuansa Cendekia.

Hindun, S. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Universitas Indraprasta PGRI.

Keraf, G. (2004). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pramudyantoro. (2000). Penggunaan kosakata bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam karangan siswa kelas II SMU Muhammadiyah V Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suriamiharja, A., Husen, A., & Nurjanah, N. (1996). Petunjuk Praktis Menulis. In Depdikbud. Jakarta: Depdikbud.

Tim Edukatif. (2017). Kompetensi berbahasa Indonesia untuk kelas X. Yogyakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats