Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Juwariah Juwariah(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. 2)  Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. 3) Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan teknik proposional random sampling dari seluruh kelas VII SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisa data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig= 0,007 < 0,05 dan Fh = 7.791. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di  SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig = 0.000 < 0.05 dan Fh = 34.722. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,034 < 0,05 dan Fh = 4.713.
Kata Kunci: Hasil belajar bahasa Indonesia, metode pembelajaran, motivasi belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ibnudin. (2018). Metode penelitian. Retrieved from Ibnudin.net website: http://ibnudin.net/category/my-

Lie, A. (2005). Cooperatif learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Saksomo. (2004). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats