Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi

Sri Mulyati(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata secara bersama-sama terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. 2) Pengaruh Kemampuan Bernalar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. 3) Pengaruh Kemampuan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi adalah siswa kelas VIII MTs Assubkiyah dan MTs Nurul Ikhlas di Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik random proporsioanal. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu disajikan dalam bentuk tes kepada subjek penelitian, meliputi tes kemampuan bernalar, tes penguasaan kosakata, dan tes kemampuan menulis karangan Argumentasi. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah.  Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fh = 69,186. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan bernalar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan th = 8,128. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,002 < 0,05 dan th = 3,180.

Kata Kunci: Kemampuan Bernalar, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis Karangan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alex, & Ahmad,H.P. (2010). Bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Jakarta: Kencana.

Akhadiah,S. (1998). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arifin,Z. & Tasai,A. (1997). Cermat berbahasa Indonesia. Jakarta: Meditama Sarana Perkasa.

Bloom,B. (1977). Taxonomy of educational objectiva. New York : David.Mc, Kay Company.

Choesin,M.E. (2004). Karya tulis ilmiah sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Dewey,J. (1964). How we think. Chicago: Hendry Regnery Company.

Finoza,L. (2004). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia.

Gagne,R. & Briggs,L. (1979). Principles of intructional design. New York: Holt Rinerhart and Wiston.

Keraf,G. (2007). Argumentasi dan eksposisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Keraf,G. (1994). Komposisibahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit: Nusa Indah.

Keraf,G. (2000). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Lakhsmi. (2008). Bengkel menulis mengoposisi serangan argumentasi.http://sepocikopi.com/2008/10/24/bengkel

Mustakim. (1994). Membina kemampuan berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nababan,SUS. (1993). Pengajaran semantik. Bandung: Angkasa

Soedjito. (2009). Kosakata bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Tarigan,H.G. ( 2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan,H.G. (1984). Prinsip-prinsip dasar sintaksis. Bandung: Angkasa.

Tarigan,H.G. (1995). Pengajaran semantik. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats