Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Tema dan Suasana dalam Teks puisi Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas X Fase E4 SMAN 11 Kota Jambi
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) SMA Negeri 11 Kota Jambi
(4) SMA Negeri 11 Kota Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
The aiml of thisl research isl to describel the abilityl to identify themes and atmosphere in poetry texts using a Jigsaw type cooperative model in Class X Phase E4 at SMAN 11 Jambi City. This research applies a Classrooml Action Researchl (PTK) design whichl is divided intol two lcycles: cycle lI and cyclel II. Each cycle includes fourl stages, namely lplanning, action, lobservation and lreflection. The subjectl of thisl research isl the abilityl to identify thel theme and atmosphere ofl poetry. Meanwhile, the object ofl this researchl is studentsl in class Xl Phase E4 of SMA Negeri 11 Jambi City. This research usesl two datal collection ltechniques, namely test andl non-test. The test techniquel is carried out with the ability to identify the theme and atmosphere of poetry. Meanwhile, non-test techniques include observation, interviews and photo documentation. This classroom action research utilizes two types of instruments to collect the necessary data, namely testl and lnon-test linstruments. The datal analysis techniquel applied by researchers uses quantitative and qualitative approaches. The lresults of thel research showedl that thel implementation ofl classroom actions using the Jigsaw modell in identifying themes and atmosphere ofl poetry resulted in a significant increase in student participation and activeness in learning. Students arel more activel in participatingl in llearning, engaging in discussions, and making presentations. The leffectiveness of thel Jigsaw model inl increasing student engagement inl learning is very visible.
Keywords: Theme, Atmosphere, Cooperative Jigsaw Type
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi tema dan suasana dalam teks puisi menggunakanl model Kooperatifl tipe Jigsawl di Kelasl X Fase E4 SMAN 11 Kota Jambi. Penelitianl ini menerapkan desainl Penelitian Tindakanl Kelas (PTKl) yang terbagi menjadi dual siklus: siklusl I danl siklus lII. Masing-masing siklus mencakup empatl tahapan, yaitul perencanaan, ltindakan, observasi, danl refleksi. Subjekl penelitian inil adalah kemampuanl mengidentifikasi tema dan suasana puisi. Sedangkan objek penelitianl ini adalahl siswa kelasl X Fase E4 SMAl Negeri 11 Kotal Jambi. Penelitian inil menggunakan dual teknik pengumpulanl data, yaitul tes danl non ltes. Teknik tesl dilakukan dengan kemampuan mengidentifikasi tema dan suasana puisi. lSedangkan teknik nonl tes berupal lobservasi, wawancara danl dokumentasi lfoto. Penelitian tindakanl kelas inil memanfaatkan dua jenis instrumenl untuk mengumpulkan datal yang ldiperlukan, yaitu instrumen tesl dan lnontes. Teknik analisisl data yangl diterapkan oleh penelitil adalah menggunakanl pendekatan kuantitatif danl kualitatif. Hasill penelitian menunjukkan bahwa implementasi tindakan kelas menggunakan model Jigsaw dalam mengidentifikasi tema dan suasana puisi menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi dan keaktifanl siswa dalaml pembelajaran. Siswal lebih aktif dalaml mengikuti pembelajaran, terlibat dalam diskusi, dan melakukan presentasi. Efektivitas model Jigsaw dalam meningkatkan keterlibatan siswal dalam pembelajaranl sangat terlihat.
Katal Kunci: Tema, Suasana, Kooperatifl Tipe Jigsawl
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adminuddin. (2010). Pengantar Presiasi Karya Sastra. Bandung: CV. Sinar Baru.
Astuti, D. I. (2018, Desember). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(3), 213-219.
Awaluddin. (2016). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENENTUKAN UNSUR INSTRINSIK PUISI SISWA XI MADRSAH ALIYAH PADANGLAMPE KEC. MA'RANG KABUPATEN PANGKEP. Makassar: Universitas Muhammdiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Damayanti, D. (2015). Buku Pintar Satra Indonesia Puisi, Sajak, Syair, Pantun dan Majas. Yogyakarta: Arska.
Fendika, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang 2. Surakarta: Kekata Publisher.
Feronik, Wardarita, R., & Wardiah, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Puisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Ahcievement Division) Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1970-1976.
Fuad. (2010). Pengembangan Profesional Guru. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Kemendiknas. (2011). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta.
Maolidah , L. (2019, Februari). ANALISIS TEMA DAN RIMA PADA PUISI DENGAN PUISI AKU KARYA TAUFIK ISMAIL. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia, 3(1).
Masruroh, S. (2013, Mei). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CISAAT. Alahyan Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin (Ecos-Preneurs), 1(1), 1-11.
Sukmawati, E. K. (2019). Kritik Sosial dalam Dua Puisi "Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia (Majoi)" Karya Taufik Ismail. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 160-170.
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Kosa Kata. Bandung: Aksara.
Yanti, D. F. (2018). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENGANALISIS UNSUR INSTRUNSIK TEKS NARASI SISWA KELAS VII B MTs AL-HAMIDIYAHDEPOK TAHUN AJARAN 20182019. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i1.24668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|