Narasi Kriminalitas dalam Teks Film Trilogi Comic 8 Karya Anggy Umbara Beserta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Muhammad Rio Firmansyah(1*), Ririe Rengganis(2), Titik Indarti(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan narasi kriminalitas dan penyimpangan dalam teks film trilogi Komik 8 oleh Anggy Umbara dan menerapkan temuan ini dalam pengajaran bahasa indonesia di SMA. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra, teknik analisis data menggunakan metode hermeneutika. Data yang dianalisis sesuai dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu penyimpangan-penyimpangan yang melatarbelakangi munculnya narasi kriminalitas. Peristiwa-peristiwa pada sekuelnya didominasi oleh kernel, yaitu peristiwa yang menjadi cikal bakal atau sentral dari peristiwa-peristiwa lainnya. Sekuel pertama menunjukkan terdapat 6 adegan deviasi individu, 7 deviasi situasional, dan 6 deviasi sistematis. Kemudian pada sekuel kedua terdapat 6 penyimpangan individu, 4 penyimpangan situasional, dan 5 penyimpangan sistematik. Sekuel ketiga menunjukkan terdapat 2 penyimpangan individu, 8 penyimpangan situasional, dan 6 penyimpangan sistematis. Implikasi pendidikan dari narasi kriminalitas dan penyimpangan di SMA antara lain mengidentifikasi unsur intrinsik dan menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam novel. Penelitian ini mempunyai implikasi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas bahasa Indonesia dan kompleksitas teori sastra. Namun dibatasi oleh fokusnya pada teori konseptual tanpa adanya teori kriminologi, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menggunakan teori naratologi dan kriminologi lainnya.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Alfathoni, M. A. M., & Manesah, D. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish.

ANWAR, M. K., & PARNANINGRUM, R. R. D. W. (2019). Bentuk tindak kriminal dan kekerasan dalam film who am i karya baran bo odar. IDENTITAET, 8(1).

Ardianto, D. T., & Riyanto, B. (2020). Film Tari; Sebuah Hibridasi Seni Tari, Teknologi Sinema, dan Media Baru. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(1), 112–116.

Darni, Hilda Hilaliyah, Y. A. (2023). Substitusi dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. 6(3), 266–278.

Endraswara, S. (2003). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Herlinawati, H., Ulumudin, I., Fujianita, S., & Widiputera, F. (2020). Persepsi masyarakat terhadap perfilman Indonesia. Pusat Penelitian Kebijakan.

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Pendidikan. Jurnal Edukasi, 92.

Labibah, S. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Pada Nilai Soisal dalam Novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Membaca Novel di SMA Kelas XII. Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Nilai karakter: refleksi untuk pendidikan.

Pratista, H. (2017). Memahami Film-Edisi 2. Montase press.

Rahayu, M. P. (2020). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SD N Ngawonggo II Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi pendidikan. Semarang: Unnes.

Sarumpaet, R. K. (2002). Sastra masuk sekolah. IndonesiaTera.

Sidik, H., & Sulistyana, I. P. (2021). Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(1), 19–34.

Suandi, A. (2024). Urgensi Peran Pemimpin dalam Manajemen Perubahan di Lingkungan Organisasi Pendidikan Islam: Sebuah Analisis Konseptual. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 339–356.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Tanu, J. E. (2018). Representasi Kriminalitas Pink Panther Dalam Film Dokumenter Smash & Grab. Jurnal e-Komunikasi, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i1.24001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats