Penggunaan Aplikasi Eksgo Berbantuan Platform Andromo Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Resti Lukmawati(1*), Agus Hermawan(2), Saptono Hadi(3), Lailiyatus Sa’diyah(4)

(1) Unuversitas Nahdlatul Ulama
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(4) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Eksgo pada pembelajaran Teks Eksplanasi; 2) Peningkatan keterampilan berbahasa dan pemahaman peserta didik kelas VIII dengan aplikasi Eksgo pada pembelajaran Teks Eksplanasi. Metodologi penelitian yang digunakan untuk mengimplementasikan media pembelajaran Bahasa Indonesia ini berupa metode deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan studi terapan atau implementasi, yaitu mengimplementasikan aplikasi untuk pembelajaran sebagai media dan alat penunjang pembelajaran peserta didik.Temuan permasalahan dari hasil wawancara pada guru dan pengerjaan angket pada peserta didik secara krusial terkendalanya tingkat literasi terutama pada materi teks eksplanasi yang termasuk kajian membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Penggunaan aplikasi Eksgo berbantuan platform andromo sebagai media pembelajaran ini menunjukkan hasil signifikan dalam meningkatkan pemahaman belajar peserta didik dari 28 peserta didik dengan rincian yang digunakan hasil rekapitulasi data menunjukkan presentase 89.3%. Media pembelajaran mengacu pada RPP yang memenuhi KI, KD, Pendekatan model, Materi dan sumber belajar yang digunakan.

 

Kata kunci: Aplikasi Eksgo, Pembelajaran Teks Eksplanasi, Keterampilan Berbahasa


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam jenis penelitian dan perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37-47.

Astuti, S. P. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi pada Penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21-30.

Edriati, S., Husnita, L., Amri, E., Samudra, A. A., & Kamil, N. (2021). Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 652-657.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Mutia, C., Faslah, R., & Adha, M. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Andromo Pada Mata Pelajaran Sarana Prasarana Kelas 11 Mplb Dismkn 8 Jakarta. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 129-137.

Nana, N., & Surahman, E. (2019, December). Pengembangan inovasi pembelajaran digital menggunakan model blended poe2we di era revolusi industri 4.0. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) (Vol. 4, pp. 82-90).

Nurjanah, F., & Faznur, L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 45-51.

Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Berbahasa produktif melalui keterampilan berbicara: teori dan aplikasi. Penerbit NEM.

Pratama, F. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran bahasa indonesia berbasis website. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 182-188.

Puspitasari, H. (2017). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim heritage, 2(2), 339-368.

Rulyansah A., Wardana, L. A. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences. Jurnal Basicedu, 4(4), 1-9

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal ilmiah KORPUS, 4(3), 292-302.

Triana, J., Sismulyasih, N., Putri, A. K., & Ayuningsih, M. T. (2023). Inovasi Media Raih Sukses Mengajar. Cahya Ghani Recovery.

Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar pada blended learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367-377.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i2.23965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats