Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Model Self Directed Learning Siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi

Dea Putri(1*), Yusra Dewi(2), Priyanto Priyanto(3)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses merancang, menerakan, mengvaluasi serta kendala dan solusi dari pembelajaran menulis teks cerpen menggunakan model self directed leraning di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Sumber data penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa Indonesia dan 35 siswa kelas IX C SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa pembelajaran menulis cerpen menggunakan model self directed learning siswa di kelas IX C SMP Negeri 22 Kota Jambi, pada tahap merancang RPP, menerapkan pada proses pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar serta kendala dan solusi semua berjalan dengan baik. Walapun masih terdapat kendala dalam proses pelaksaannya dimana masih ada siswa yang belum bisa belajar secara mandiri sehingga bermalasan dalam mengerjakan tugas, tetapi guru sudah memukan solusi yang baik dimana akan dilakukan monitoring yang lebih optimal kepada siswa yang masih kurang mampu belajar mandiri. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerpen menggunakan model self directed learning  siswa di kelas IX C SMP Negeri 22 Kota jambi sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah self directed learning yang telah terancang dalam RPP.

Kata kunci:  Self Directed Learning, Teks Cerpen


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adiwiyanti, N. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX MTs Darul Masholeh. http://repository.syekhnurjati.ac.id/8453/%0Ahttp://repository.syekhnurjati.ac.id/8453/2/2. BAB I.pdf

Amaliyah, F., Sukestiyarno, Y. L., & Asikin, M. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 626-632).

Aruan, M. A. (2017). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Afifah, R. N. (2017).Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Self Directed Learning Sub Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang untuk Siswa SMP Kelas VII.

Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017

Creswell, J. w. (2017). Reserch Desigh (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar.

Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dewi, Y. (2023). Teori dan Kajian Prosa Fiksi. Komunitas Gemulun Indonesia.

Fadila, F. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Alih Wahana untuk Siswa Kelas XI. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 416–425. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p416-425

Oktavia, W. (2019). Kesulitan, Menulis, Puisi Bebas. Pendidikan, 04, 71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/4031/3354

Samini, S., Trisiana, A., & Jumanto, J. (2023). Analisis Penerapan Model Self Directed Learning Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDN 01 Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 7941–7959. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4204

Siregar, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 8. https://eprints.uns.ac.id/10241/1/1893210

Sukmono, N. D. (2015). Metode Pembelajaran Self Directed Learning Berbasis ICT dengan Pemanfaatan Game Android Berkarakter Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia

Trias, T. M. (2016). Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) guru bahasa indonesia di smp negeri 2 bantul. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 5(2).

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 52. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.698




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i1.23271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats