Kajian Nilai Moral dan Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberi pemahaman pada pembaca tentang: (1) Nilai moral yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi; (2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel Sang Pemimpi; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Data yang diperoleh dalam penilitian merupakan hasil dari kegiatan membaca langsung novel yang diteliti kemudian dirangkum dalam sebuah catatan yang diklasifikasikan berdasarkan karakteristik kandungan novel yang diteliti. Jadi dalam hal ini langkah yang dilakukan peneliti adalah mengambil data yang dibutuhkan kemudian mengelompokkan data kedalam kategori karakteristik teksnya selanjutnya peneliti menyimpulkan isi kandungannovel secara umum sesuai tujuan dalam penelitian. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa novel tersebut: (1) Nilai moral yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi terdapat nilai moral terhadap diri sendiri yaitu sabar, jujur, disiplin, kerja keras. Nilai moral terhadap orang lain terdiri atas kesopanan, empati, keadilan, menghargai orang lain, dan kesetiaan. Nilai moral terhadap Tuhan Yang Maha Esa atau Sang Pencipta yang terdiri atas taat beribadah dan berdoa. (2) Nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel Sang Pemimpi yaitu pendidikan religious berhubungan dengan keyakinan terhadap Tuhan. Nilai pendidikan social terdiri atas kemampuan bermasyarakat dan kepedulian terhadap orang lain. Pendidikan budaya terdiri atas ketaatan, adat istiadat, dan sopan santun, Pendidikan estetika terdiri atas penempatan majas yang terdiri atas penggunaan majas metafora dan personifikasi.
Keywords: Nilai moral, nilai pendidikan, novel
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arifin, Z & Haryono, A. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Azis, A. (2012). Analisis nilai Pendidikan dalam novel negeri 5 menara karya A.Fuadi. https://digilib.iainkendari.ac.id/1808/7/bab%202.pdf. 29 Oktober 2023
Damono, S. Djoko (1978). Sosiologi Sastra Sebagai Pengantar Ringkas. Jakarta. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Darmadi, H. (2007). Konsep dasar pendidikan moral. Bandung: Alfabeta.
Endraswara, S. (2016). Sastra ekologis. Jakarta: CAPS
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Jurnal nirangga1996@gmail.com. Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/823/1/ JURNAL_NIR%20ANGGA_NIM.%2016110047.pdf.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Pradopo, R. DJoko (2001) Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ratna, N. Kutha. (2015). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra (dari strukturalisme hingga postrukturalisme, perspektif wacana naratif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Salfia, N. (2017). Nilai moral dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sanjaya, Muhammad D. (2018). Nilai pendidikan dalam novel hanter karya Syifauzzahra dan relevansinya sebagai pembelajaran sastra di SMA. Jurnal Content. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778
Sarumpaet, Rilis K. Toha. (2002). Bacaan anak-anak:Pendahuluan ke dalam hakikat, sifat, dan corak bacaan anak-anak serta minat anak pada bacaannya. Jakarta: UI Press
Saryono, D. (2009) Dasar apresiasi sastra. Yogyakarta: Elmatera Pub.
Schmitt, MP. Viala, A. (1982). Menuju pengajaran Bahasa dan sastra bermakna. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas
Sugihastuti. (2007). Teori apresisi sastra Yogyakarta: Pustaka Utama
Sugono, D. (2003). Bahasa Indonesia dalam media masa cetak. Jakarta: Progress Sukini
Sulistyorini, D dan Andalas, E.F. (2017). Sastra lisan “kajian teori dan penerapannnya dalam penelitian.” Malang: Madani
Sutopo. (2006). Metode penelitian kualitatif, Surakarta: UNS
Tarigan, H. Guntur. (1985). Pengajaran semantic. Bandung: Angkasa Parera
Wicaksono, A. (2014). Pengkajian prosa fiksi (edisi revisi). Yogyakarta: Gundhawacana.
Waluyo, Herman, J. (2002). Apresiasi puisi. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia
Warren, A. Wallek, R. (1995). Teori kesusastraaan (di Indonesiakan oleh Melani Budiarta). Jakarta: Perpusnas RI
Wikipedia dengan alamat https://id.wikipedia.org/wiki/Andrea_Hirata#:~:text=Andrea%20Hirata%20(lahir%20di%20Gantung,P elangi%20yang%20menghasilkan%20tiga%20sekuel. Diakses pada tanggal 22 November 2023, pukul 09.57
Zakiyah, A. Rusdiana. (2014). Pendidikan nilai kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Pustaka Setia
Zuriah, N. (2008). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i1.22805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|