Kajian Nilai Moral dan Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Sumariyah Sumariyah(1*), H.E Zaenal Arifin(2), Masrin Masrin(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memberi pemahaman pada pembaca tentang: (1) Nilai moral yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi; (2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel Sang Pemimpi; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Data yang diperoleh dalam penilitian merupakan hasil dari kegiatan membaca langsung novel yang diteliti kemudian dirangkum dalam sebuah catatan yang diklasifikasikan berdasarkan karakteristik kandungan novel yang diteliti.  Jadi dalam hal ini langkah yang dilakukan peneliti adalah mengambil data yang dibutuhkan kemudian mengelompokkan data kedalam kategori karakteristik teksnya selanjutnya peneliti menyimpulkan isi kandungannovel secara umum sesuai tujuan dalam penelitian.  Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa novel tersebut: (1) Nilai moral yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi terdapat nilai moral terhadap diri sendiri yaitu sabar, jujur, disiplin, kerja keras. Nilai moral terhadap orang lain terdiri atas kesopanan, empati, keadilan, menghargai orang lain, dan kesetiaan. Nilai moral terhadap Tuhan Yang Maha Esa atau Sang Pencipta yang terdiri atas taat beribadah dan berdoa.  (2) Nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel Sang Pemimpi yaitu pendidikan religious berhubungan dengan keyakinan terhadap Tuhan. Nilai pendidikan social terdiri atas kemampuan bermasyarakat dan kepedulian terhadap orang lain. Pendidikan budaya terdiri atas ketaatan, adat istiadat, dan sopan santun, Pendidikan estetika terdiri atas penempatan majas yang terdiri atas penggunaan majas metafora dan personifikasi.

Keywords: Nilai moral, nilai pendidikan, novel


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z & Haryono, A. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Azis, A. (2012). Analisis nilai Pendidikan dalam novel negeri 5 menara karya A.Fuadi. https://digilib.iainkendari.ac.id/1808/7/bab%202.pdf. 29 Oktober 2023

Damono, S. Djoko (1978). Sosiologi Sastra Sebagai Pengantar Ringkas. Jakarta. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Darmadi, H. (2007). Konsep dasar pendidikan moral. Bandung: Alfabeta.

Endraswara, S. (2016). Sastra ekologis. Jakarta: CAPS

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Jurnal nirangga1996@gmail.com. Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/823/1/ JURNAL_NIR%20ANGGA_NIM.%2016110047.pdf.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Pradopo, R. DJoko (2001) Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratna, N. Kutha. (2015). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra (dari strukturalisme hingga postrukturalisme, perspektif wacana naratif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Salfia, N. (2017). Nilai moral dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Muhammad D. (2018). Nilai pendidikan dalam novel hanter karya Syifauzzahra dan relevansinya sebagai pembelajaran sastra di SMA. Jurnal Content. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778

Sarumpaet, Rilis K. Toha. (2002). Bacaan anak-anak:Pendahuluan ke dalam hakikat, sifat, dan corak bacaan anak-anak serta minat anak pada bacaannya. Jakarta: UI Press

Saryono, D. (2009) Dasar apresiasi sastra. Yogyakarta: Elmatera Pub.

Schmitt, MP. Viala, A. (1982). Menuju pengajaran Bahasa dan sastra bermakna. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas

Sugihastuti. (2007). Teori apresisi sastra Yogyakarta: Pustaka Utama

Sugono, D. (2003). Bahasa Indonesia dalam media masa cetak. Jakarta: Progress Sukini

Sulistyorini, D dan Andalas, E.F. (2017). Sastra lisan “kajian teori dan penerapannnya dalam penelitian.” Malang: Madani

Sutopo. (2006). Metode penelitian kualitatif, Surakarta: UNS

Tarigan, H. Guntur. (1985). Pengajaran semantic. Bandung: Angkasa Parera

Wicaksono, A. (2014). Pengkajian prosa fiksi (edisi revisi). Yogyakarta: Gundhawacana.

Waluyo, Herman, J. (2002). Apresiasi puisi. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia

Warren, A. Wallek, R. (1995). Teori kesusastraaan (di Indonesiakan oleh Melani Budiarta). Jakarta: Perpusnas RI

Wikipedia dengan alamat https://id.wikipedia.org/wiki/Andrea_Hirata#:~:text=Andrea%20Hirata%20(lahir%20di%20Gantung,P elangi%20yang%20menghasilkan%20tiga%20sekuel. Diakses pada tanggal 22 November 2023, pukul 09.57

Zakiyah, A. Rusdiana. (2014). Pendidikan nilai kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Pustaka Setia

Zuriah, N. (2008). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i1.22805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats