Penggunaan Bahasa Persuasif Pada Wacana Iklan Minuman di Channel SCTV

Putri Nurul Fatimah(1*), Markhamah Markhamah(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk bahasa persuasif pada wacana iklan minuman di channel SCTV dan mengidentifikasi strategi persuasif yang terkandung  dalam wacana iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  dengan bentuk peyajian data kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah bahasa persuasif dalam wacana iklan minuman televisi di channel SCTV. Subjeknya adalah iklan televisi di channel SCTV yang menggunakan bahasa persuasif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh melalui iklan televisi di channel SCTV. Teknik pengumpulan datanya menggunakan langkah-langkah : reduksi, penyajian data, dan kesimpulan data yang sudah diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bentuk bahasa persuasif menurut Keraf yaitu (1) bentuk persuasif rasionalisasi, (2) bentuk persuasif sugesti, dan (3) bentuk persuasif konformitas. Dan strategi pengiklanan persuasif memiliki 3 kategori diantaranya : (1) ethos yaitu menarik konsumen dari segi etika dan karakteristik, (2) logos yaitu menarik konsumen dari segi alasan dan logika, dan (3) pathos yaitu menarik konsumen dari segi perasaan dan emosi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustin, R. J. P., & Astuti, C. W. (2021). Bahasa Persuasif Pada Iklan Kosmetik Di Televisi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1).

Andrianto, T., Ariyanti, F., Prasiska, D. W., & Prabawa, A. H. (2019, October). Analisis wacana kritis pada iklan rokok Djarum 76. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 121-127).

Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam wacana iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1), 38-45.

Az-Zahra, PJ, Susanti, H., Zuhra, AMA, Samudra, YF, Utomo, SS, & Sholihatin, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Ragam Bahasa Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan , 9 (14), 604-617.

Budiyanto, D. (2014). Aspek persuasif dalam bahasa iklan partai politik. LITERA, 13(1).

Darmawan, A. (2021). Analisis Bahasa Persuasi Dalam Iklan Layanan Masyarakat Tentang Covid-19. Jurnal Skripta, 7(2).

Ghandi, F. A., & Martutik, M. (2022). Persuasif dalam Iklan Indomie pada Media Sosial Twitter. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(5), 676-692.

Hastuti, D., & Nasucha, Y. (2013). Wacana Persuasi Pada Brosur Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Imami, Y. P., & Atiqa Sabardila, M. (2017). Wacana Persuasi Dalam Sms Penawaran Pada Provider Telekomunikasi Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa Smp (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kasanova, R. (2016). Penggunaan teknik persuasif dalam iklan. Jurnal Komposisi, 1(2), 101-110.

Muyassaroh, M., & Ihsan, MB (2021). Penggunaan Bahasa Persuasi Dalam Iklan Layanan Masyarakat Untuk Menyosialisasikan Kehidupan Baru Pada Era Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Tulungagung. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia , 227-233.

Nabila, N., Hariadi, J., & Fadhilah, MA (2023). Bahasa Persuasif pada Iklan Lowongan Pekerjaan Langsa di Media Sosial Instagram. Jurnal Samudra Bahasa , 6 (1), 59-67.

Nainggolan, V. Y. B., Yakob, M., & Nucifera, P. (2020). Penggunaan bahasa persuasif dalam iklan niaga bergambar pada surat kabar serambi Indonesia tahun 2019. Jurnal Samudra Bahasa, 3(2), 26-40.

Nina, N., Ratnasari, A., & Fakhrunnisa, R. (2021). Analisis Kalimat Persuasif Pada Iklan Penerimaan Mahasiswa Baru Di Stkip Muhammadiyah Bogor Untuk Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa 2020/2021 Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), 57-62

Novita, D., Hariadi, J., & Hidayat, M. T. (2021). Analisis Bahasa Persuasif Pada Iklan Promosi Di Kota Perbaungan. Jurnal Samudra Bahasa, 4(2), 17-35.

Rhamadany, Y., Lanta, J., & Aswadi, A. (2023). Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Online di Media Sosial. Cakrawala Indonesia, 8(1), 87-91.

Sari, Y. (2021). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).

Sholikhah, I. M. (2010). Wacana iklan komersial berbahasa Indonesia dan Inggris di televisi (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Susanti, Y., Tyas, D. K., & Saputra, B. A. (2021). Gaya bahasa dan teknik persuasif pada iklan pasta gigi di Youtube tahun 2020. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 6(2), 90-101.

Wati, R. I., Wardiani, R., & Astuti, C. W. (2023). Teknik Persuasif Pada Iklan Kartu Seluler. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i3.22001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats