Pengembangan Reox (Reading Box) Sebagai Media Ajar Membaca Permulaan

Rania Putri Sekar Arum(1*), Tita Tanjung Sari(2), Kadarisman Kadarisman(3)

(1) 
(2) Universitas Wiraraja
(3) Universitas Wiraraja
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca permulaan sangat penting dilakukan pada sekolah dasar kelas awal. peneliti mengembangkan media Reox (reading box) ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan serta mencari tahu respon guru dan respon siswa terhadap media Reox (reading box) sebagai media ajar membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadopsi dari prosedur pengembangan model ADDIE (Branch, 2009). Penelitian ini melibatkan validator dari ahli materi dan ahli media pada pengembangan Reox (reading box). Adapun responden pada penelitian ini terdiri atas 14 siswa kelas awal sekolah dasar, dan 2 orang guru kelas 1 dari SDN Lenteng Barat IV dan SDN Poja II. Reox (reading box) memperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 93%, dan hasil validasi ahli media sebesar 95%,  dengan kategori sangat layak dan tidak revisi. Sedangkan untuk respon guru dan respon siswa terhadap media Reox (reading box), diperoleh hasil persentase sebesar 90% dari respon guru, 87% dari respon siswa pada uji coba terbatas, dan 93% dari respon siswa pada uji coba lapangan dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Reox (reading box)  dinyatakan layak untuk digunakan sebagai alat bantu membaca permulaan pada siswa sekolah dasar.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfin, J. (2014). Analisis karakteristik siswa pada tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqah Nasional Dan Seminar Internasional Pendidikan Islam.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran : peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran (2nd ed.). Gava Media.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.

Hewi, L. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Miller, J. W. (2016). World ’s Most Literate Nations Ranked. US Fed News Sevice, Including US State News; Washington, D.C.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar (Hilmiati (ed.); Cetakan 1). Sanabil.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 – 7 Tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2).

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihatini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 93333–99339.

Santrock, W. J. (2008). Psikologi Pendidikan. Prenada Media Group Lancet.

Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Berajah Journal, 2(1). https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Syelviana, N., & Sri, H. (2019). Pengembangan Media Big-Book Dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. JPGSD : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2559–2569.

Yulianti, D., Supriadi, S., Riadi, B., & Munaris, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Baca Tulis Permulaan Berlandaskan Karakteristik Siswa. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 199–217. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9535




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.19709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats