Analisis Butir Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School Bumiayu Menggunakan Model Evaluasi CIPP

Septy Rizqillah(1*), Dwi Kusuma Ayu(2), Amin Sulaiman(3), Cintya Nurika Irma(4)

(1) 
(2) Universitas Peradaban
(3) Universitas Peradaban
(4) Universitas Peradaban
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai evaluasi analisis butir soal PTS bahasa Indonesia kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School menggunakan model evaluasi CIPP. Sumber data dari penelitian ini adalah wawancara dengan guru dan siswa, serta soal PTS Ganjil Bahasa Indonesia kelas IX SMP Muhammadiyah Baording School. Pra observasi dilakukan pada 11 Januari 2023, memasukan surat sekaligus meminta izin kepada kepala sekolah, dan berbincang dengan guru bahasa Indonesia kelas IX. Analisis data dilakukan setelahnya, dan observasi terakhir sekaligus wawancara dilakukan pada 20 Januari 2023. Data penelitian ini adalah analisis butir soal dan hasil wawancara guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan pra observasi, analisis soal, wawancara, mengumpulkan data keseluruhan, kemudian membuat kesimpulan berupa jawaban dari rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal. Hasil penelitian berupa data-data yang berkenaan dengan evaluasi butir soal dengan model CIPP. Pada bagian Konteks suatu anjuran yang dikemukakan pemerintah untuk sekolah yang menggunakan K-13, siswa dituntut untuk mampu berpikir HOTs, dan pada pembentukan soal juga menggunakan HOTs. Pada bagian input atau masukan berisi mengenai tersedianya buku penujang pembelajaran, ketersediaan tim penyeleksi soal di sekolah, dan guru menguasai serta menjelaskan materi secara keseluruhan. Pada bagian input seluruh hasil analisis butir soal dimasukan. Terakhir bagian produk adalah nilai hasil belajar siswa saat mengerjakan soal PTS Ganjil bahasa Indonesia. Setelah melakukan evaluasi dengan model CIPP ini, ditemukan hasil bahwa guru sudah baik dalam pembelajaran selama setengah semester, hal itu dibuktikan dari hasil nilai serta wawancara dengan perwakilan siswa.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/evaluasi. Diakses pada Januari 2023.

Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Tresnayanti, P. I. (2017). Talking stick sebagai inovasi dalam aktivitas mengomunikasikan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 147-154. Diakses pada Januari 2023.

Amirono, dan Daryanto.( 2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Anggito, Albi & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arikunto Suharsimi, dan Cepi Safrudin. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriana, Rina. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02). Diakses pada Januari 2023.

Kurniawati, Esti, W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Prespektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product). GHAITSA: Islamic Education Journal. Vol. 2 No. 1. ISSN: 2721-1592. Diakses pada Januari 2023. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/download/168/146.

Lestari, A. (2018). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Soal Buatan Guru Ujian Akhir Semester (Uas) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sma Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED). Diakses pada Januari 2023.

Magdalena, Ina. (2022). Menjadi Evaluator Pembelajaran yang Baik dan Benar. Jawa Barat: CV Jejak.

Mardapi, Djemari. (2000). Teknik Penyusunan Instrument Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendeki.

Segara, Wiwik, dan Ilyas. (2022). Evaluasi Belajar dan Pembelajaran IPS. Klaten : Penerbit Lakeisha.

Sofyatiningrum,. Dkk. (2018). Muatan HOTS pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Umami, Fauziah. (2022). Analisis Butir Soal Tes Pilihan Ganda Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018-2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama). Skripsi PBSI. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61638. Diakses pada Januari 2023.

Widoyoko, Eko Putro. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Wijaya, dkk. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016).Malang: Universitas Universitas Negeri Malang Kanjuruhan

Wirandani, T., Ayu Cendra K., Latifah. (2019). Analisis Butir Soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada Soal Ujian Sekolah Kelas XII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK An-Nahl. IKIP Siliwangi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Vol. 2 No. 4, E-ISSN 2614-6231. Diakses pada Januari 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.19705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats