Tingkat Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Kandangmas

Fenita Khairani(1*), Yayuk Purwanti(2), Ririn Apriyana(3), Risa Andriyani(4), Luthfi Arya Asshodiq(5), Putri Ika Kusumawati(6)

(1) universitas muria kudus
(2) Universitas Muria Kudus
(3) Universitas Muria Kudus
(4) Universitas Muria Kudus
(5) Universitas Muria Kudus
(6) Universitas Muria Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat baca siswa SDN 6 Kandangmas. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah angket pada 17 partisipan di SD N 6 Kandangmas. Teknik pengumpulan data dengan instrumen penelitian tes berupa lembaran soal tentang minat baca, observasi, dan dokumentasi serta metode analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwasanya karena t hitung 46,451 > t tabel 2,120 maka sebagaimana acuan atau dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa minat baca siswa Sekolah Dasar kelas 5 di SD Negeri 6 Kandangmas di atas rata-rata 30, yang berarti bahwa minat baca siswa Sekolah Dasar kelas 5 di SD Negeri 6 Kandangmas masuk kategori kriterium baik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2869

Faizin, M., & Mambrasar, O. (2022). Hubungan Kreativitas Guru Dengan Minat Baca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Ypk Alfa Omega Waisai. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa …, 3(1), 59–66.

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5, 355.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, December, 203–2017. https://osf.io/va3fk

Mulyati, S., Hidayat, E., & Rahayu, P. (2021). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021 Tersedia daring pada: http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 387–395. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599

Riyanton, M., & Wijayawati, D. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Minat Membaca dan Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers: Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX, 274–284.

Safitri, E., Ntelu, A., & Sartika, E. (2023). Minat Baca Siswa di SMA Negeri 1 Suwawa Pendahuluan Metode. 13(1), 513–520.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.18361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats