Penggunaan Media Gambar Sebagai Sarana Peningkatan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas 2 SD Negeri Rogomulyo 01 Kayen Pati

Siti Aminah(1*), Muh Syauqi Malik(2)

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional siswa dan mendukung keberhasilan dalam semua bidang studi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa semester genap keterampilan menulis dasar di SD Negeri Rogomulyo 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati tahun ajaran 2022/2023. Melakukan penelitian pada bulan Mei 2023. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media visual dengan kemampuan berbahasa Indonesia. Desain dalam Model Kemmis & Mc digunakan dalam penelitian ini. Taggart dengan 3 tahap perencanaan, observasi dan refleksi. Dalam metode pengumpulan data dengan tes tulis esai dan dokumentasi. Sebagai teknik analisis data digunakan statistik deskriptif dengan cara mencari mean. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penulisan esai menggunakan media gambar seri dengan pendekatan kompetensi proses. Hasil Menulis Karangan Menggunakan Media Visual Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas II SD Negeri Rogomulyo 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. 

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 80.

Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. 2019. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Prosiding DPNPM Unindra 2019 0812(2019): 181–88.

Fernanda, Mistio Mesa, and Afrizal Sano. 2012. “Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial Dengan Hasil Belajar.” Jurnal Ilmiah Konseling 1: 1–8.

Rusnah. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Alat Peraga Gambar Seri Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(I): 100–109.

Saepurokhman, Asep et al. 2022. “Pembelajaran Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Cibunar Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2020/2021).” STKIP Sebelas April Sumedang 1(2): 56–61.

Soenjono, Dardjowidjojo. 2005. Psiko Linguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. II. Jakarta.

Sujipto, and Kustandi Ibrahim. 2021. Model Dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. ed. Ariyanti Lita. Surabaya.

Suriatmi. 2016. “‘Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsikan Secara Tertulis Pada Siswa Kelas II.C SD Negeri 82 Kota Bengkulu Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015’14(1).” Wacana 14(1).

Tasya, Nabillah, and Agus Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Sesiomedika: 660–62.

Wibowo, Dwi Cahyadi, Priana Sutani, and Evi Fitrianingrum. 2020. “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3(1): 51–57.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.18278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats