Analisis Nilai Pendidikan Karakter Religius pada Cerita Rakyat Perang Obor di Kabupaten Jepara
(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas Muria Kudus
(3) Universitas Muria Kudus
(4) Universitas Muria Kudus
(5) Universitas Muria Kudus
(6) Universitas Muria Kudus
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords: Cerita Rakyat, Tradisi Perang Obor, Nilai Religius
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amaliyah, E. I. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Tradisi Perang Obor di Tegalsambi-Jepara sebagai Karakteris- tik Islam Nusantara Local Wisdom in Perang Obor Tradition at Tegalsambi- Jepara as Characteristic of Islam Nusantara. Jurnal Lektur Keagamaan, 16(2), 395–416.
Amaliyah, E. I. (2019). Tradisi Perang Obor di Tegalsambi Jepara: Kajian Maqasid Al-Shariah. Journal of Islamic Studies and Humanities, 4(2), 246–261. https://doi.org/10.21580/jish.42.5230
Aristanto, Z. (2011). Perang Obor Upacara Tradisi di Tegalsambi, Tahunan, Jepara. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 6(1), 88. https://doi.org/10.14710/sabda.v6i1.13309
Ernawati, E., & Kanzunnudin, M. (2023). Analisis Cerita Lisan Asal – usul Nyai Ageng Ngerang dan kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(2), 311–317.
Fatina, S. W., & Iskandar, P. A. (2022). Penanaman Nilai Moral Cerita Rakyat Perang Obor untuk Membentuk Karakter Siswa. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 44–53. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7696
Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.
Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma. JURNAL KORPUS, I(1), 39–43.
Kanznuddin, M. (2019). Struktur, Nilai, dan Fungsi Cerita Rakyat Pesisir Timur Jawa Tengah. 369.
Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76.
Noor Fitrian, A., & Septiyani, W. (2021). Mengkaji Nilai-Nilai Kearifan Lokal Perang Obor Terhadap Semangat Nasionalisme. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2500
Nur, S. F., Kanzunnudin, M., & Nugraheni, L. (2022). Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Yuyu Gotho & Ulo Lempe. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 225–235.
Parmini, N. P. (2015). Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan Karakter Siswa SD di Ubud. Jurnal Kajian Bali, 05(02), 441–460.
Rosdiana, A., & Saefudin, A. (2018). Memperkuat Kearifan Lokal Islam Melalui Perang Obor. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Series 2, 879–888.
Sarinah. (2019). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 304–307.
Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050
Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias dalam Kesahihan Riset. Jurnal Lisan Al Hal, 7(2), 302.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i1.17660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|