Penerapan Metode Kunjung Karya dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

Tyas Noor Rachma(1*), Ika Septiana(2), Sudiyati Sudiyati(3)

(1) 
(2) Universitas PGRI Semarang
(3) SMA Negeri 6 Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks eksplanasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskripsi. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kunjung karya dikatakan baik dikarenakan sesuai hasil nilai pembelajaran teks eksplanasi menggunakan metode kunjung karya peserta didik mendapatkan nilai antara rentang 81-100. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dapat disimpulkan bahwa aspek kreativitas dalam merancang teks eksplanasi memiliki persentase tertinggi yaitu 83.33% dengan 30 peserta didik yang melakukan. Selanjutnya aspek penilaian sikap terendah yaitu kerja sama dalam kelompok dengan persentase 55.56% yang hanya muncul pada 20 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia teks eksplanasi menunjukkan hasil yang baik dan menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Berdiati, N. (2010). Strategi dan model-model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2013). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Darmalaksana, W. (2020). Menulis artikel cepat meskipun tidak suka menulis. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Gunawan, H. (2013) Kurikulum dan pembelajaran pendidikan agama Islam, Bandung: Alfabeta. Hlm. 173-174.

Kurniawan, D. (2019). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui metode kunjung karya pada siswa kelas VIII SMP. Jurnal Bimbingan Konseling dan Pendidikan, 2(2), 64-70.

Miles, M., & Huberman A. M. (2014). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Neuman, W. L. (2013). Social research methods: qualitative and quantitative approaches. Pearson.

Nurhayati, D., & Yuliati, L. (2020). The effectiveness of kunjung karya method in enhancing students’ writing skill in the procedure text. Journal of Language Teaching and Research, 11(6), 519-524. doi:10.17507/jltr.1106.07

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Septiana, I. (2021). Pelatihan menulis berita di media massa terhadap gerakan pramuka DKC Kota Semarang pada masa Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 300-307. http://jurnal.unpad.ac.id/ kumawula/index

Septiana, I. (2021). Kebutuhan guru dalam pengembangan buku bahasa Indonesia SMA berbasis sintaksis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 191-197. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.16936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats