PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Survey Pada SMA Swasta Di Jakarta Utara)

Yakub Trisantoso(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK. Latar belakang penelitian adalah tiga tahun belakangan ini rata-rata hasil belajar matematika siswa pada Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) atau ujian sekolah beberapa tahun belakangan ini di SMA  IPEKA Sunter dan kebanyakan sekolah swasta lainnya di rayon I Jakarta Utara masih di bawah 70. Penelitian bertujuan menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis pengaruh kecerdasan adversitas dan rasa ingin tahu terhadap pemahaman konsep matematika. Hipotesis penelitian yang diuji : 1) Pengaruh langsung kecerdasan adversitas terhadap pemahaman konsep matematika. 2) Pengaruh langsung rasa ingin tahu terhadap pemahaman konsep matematika. 3) Pengaruh langsung kecerdasan adversitas terhadap rasa ingin tahu.4) Pengaruh tidak langsung kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian dilakukan dengan metode survei korelasional. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Swasta Jakarta Utara dengan besar sampel sebanyak 92 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas terhadap pemahaman konsep matematika  hal ini dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05, t hitung = 4,790, dan besarnya pengaruh langsung  adalah 17,98%. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan rasa ingin tahu terhadap pemahaman konsep matematika hal ini dibuktikan dengan Sig.0,000 < 0,05 , t hitung = 4,372, dan besarnya pengaruh langsung adalah 14,98%. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas terhadap rasa ingin tahu hal ini dibuktikan dengan Sig.  0,000 < 0,05 ,  t hitung = 6,148, dan besarnya pengaruh langsung adalah 29,59%. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMA dapat dilakukan dengan meningkatkan kecerdasan adversitas maupun rasa ingin tahu siswa.

Kata Kunci : Kecerdasan Adversitas , Rasa Ingin Tahu , Pemahaman Konsep Matematika.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ameliah IH,dkk (Juli 2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil belajar Matematika. Diakses 4 Januari 2021. https://media.neliti.com/media/publications/55886-ID-pengaruh-keingintahuan-dan-rasa-percaya.pdf

Asidiqi ,Adika Fuad,.(2020).Me Go to Success my self. Jakarta: AFA Group.

Hamdi, Asep Saepul. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif aplikasi dalam Pendidikan.Yogyakarta: deepublish.

Mahasiswa Tadris Matematika Angkatan 2019.(2020). Catatan Dasar Pembelajaran Matematika. Pekalongan : NEM.

Riyanto, Slamet & Hatmawan, A.A, Metode.(2020). Riset Penelitian Kuantitatif, Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Supardi U.S. Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Diakses 4 Januari 2021. https://media.neliti.com/media/publications/234974-pengaruh-adversity-qoutient-terhadap-pre-e7a0fa22.pdf

Supardi US. Diakses 22 Juli 2020 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/112/109.

Susanto,Ahmad.(2016).Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Virgana.(2014). Aplikasi Materi Matematika Pada Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Atas.Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.1 No.1 Maret 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.